Mental Buruk, 13 Personel Polres Jayapura Kota Dimutasi

Elfira/Cepos
AKBP. Gustav Robbie Urbinas

JAYAPURA-Selama semester I yaitu Januari hingga Juni 2018, Polres Jayapura Kota memutasi 13 orang personelnya ke Polda Papua. Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Gustav Robbie Urbinas mengatakan, 13 personel dimana seorang diantaranya perwira pertama, dimutasi ke Polda Papua untuk dibina kembali karena dinilai memiliki mental yang buruk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat misalnya diduga terlibat praktek Pungli dan suap.

“Belasan personel itu ada yang merupakan oknum penyidik di Reskrim maupun Opsnal Satuan Nakroba. Ini adalah hasil temuan dari tim yang saya bentuk untuk menyelidiki kinerja personel setiap hari di lingkungan Polres Jayapura Kota,” ungkap Robbie Urbinas kepada wartawan, Selasa (10/7).

Gustav Urbinas mengatakan, dirinya tidak main-main dengan oknum polisi yang melakukan praktek suap atau Pungli. Sebab, ia tidak segan-segan akan memproses pidana oknum anggotanya yang kedapatan melakukan praktek suap atau pungli. Hal ini merupakan  salah satu upaya untuk merubah pola pikir dan budaya buruk oknum anggota kepolisian.

“Saya pikir sudah cukup 6 bulan ini dijadikan sebagai peringatan kepada personel. Ke depan jika ada temuan anggota nakal, apalagi saat ini Polri sudah berumur 72 tahun, saya yang akan langsung memproses pidana di Polres,” tegasnya.

Gustav  sendiri mengaku akan terus meningkatkan dan mengawasi kinerja anggotanya di seluruh satuan fungsi bahkan hingga di Polsek-polsek  jajaran agar tidak terlibat dalam praktek Pungli dan suap.

“Semua fungsi yang bersentuhan dengan masyarakat ini berpotensi terlibat dalam praktek Pungli dan suap. Seperti pelayanan pengurusan SIM, SKCK, termasuk sidik jari. Kecuali bagian yang mengurus internal seperti Operasional, SDM dan perencanaan,” terangnya.

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak segan-segan apabila menemukan adanya praktek Pungli. Karena Pungli merupakan pelanggaran pidana  yang masuk dalam kategori suap dan dapat diproses hukum. “Apabila mengalami Pungli, silakan masyarakat melaporkannya ke Polres Jayapura Kota,” pintanya.

Selain memutasi 13 personelnya ke Polda Papua lantaran dinilai bermental buruk, Gustav Urbinas juga telah memutasi 36 personel karena produktivtas dan kinerja yang tak maksimal akibat mengalami gangguan kesehatan.

“Kalau mereka ini memang ada yang masih dalam masa pengobatan atau pemulihan, dan sakit menahun. Beberapa di antaranya sudah menjelang pensiun. Tingkat mobilitas di Polres Jayapura Kota ini tinggi, sehingga kami usulkan ke Polda untuk dipindahkan ke bidang atau fungsi lainnya,” pungkasnya. (fia/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *