Komitmen MOS Tanpa Bully

Takim/Cepos
BERSIHKAN SEKOLAH: Sejumlah siswa/siswi baru SMK Negeri 3 Jayapura saat melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dalam kegiatan MOS, Selasa (10/7).

JAYAPURA-Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) yang dilaksanakan di sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK diharapkan tanpa bully kepada peserta MOS.

Sejumlah sekolah yang akan menggelar MOS sudah berkomitmen untuk melaksanakan MOS tanpa bully seperti yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jayapura.

Ketua Panitia MOS SMAN 1 Jayapura, Eunike Takayeitou, S.Pd., M.Pd., menegaskan pihaknya tidak memberikan ruang terhadap kegiatan atau materi yang sifatnya membully peserta MOS.

Materi yang diberikan kepada peserta menurut Eunike, lebih kepada pengenalan lingkungan sekolah, baik itu aturan tata tertib dan lingkungan sekolah.

“Kami juga memberikan materi yang memotivasi siswa baru yaitu mengajarkan sopan santun, pentingnya menjaga kebersihan,  etika yang baik serta melakukan pengenalan  terhadap kurikulum sekolah dan hampir semua kegiatan dilakukan di dalam kelas,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (9/7).

“Bagi kami, kegiatan seperti hitung beras, pakai topi kantong plastik dan lain sebagainya, kurang masuk akal. Kegiatan seperti itu hanya menyimpan dendam secara turun temurun terhadap generasi angkatan tersebut,” sambungnya.

Penegasan yang sama untuk melaksanakan MOS tanpa bully, dilakukan oleh SMK Negeri 5 Jayapura. Ketua Panitia MOS SMK Negeri 5 Jayapura, Yatun, S.Pd., M,Pd., menjelaskan, kegiatan MOS merupakan ajang untuk melatih disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, baik itu sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga pegawai lainnya.

“Materi yang kami berikan di antaranya pengenalan tata tertib sekolah, kurikulum, PBB, materi terkait bahaya narkoba, HIV dan AIDS serta pengenalan sarana prasarana sekolah,” jelasnya.

Dengan materi-materi yang diberikan ini, siswa baru diharapkan bisa lebih mengenal potensi diri mereka dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Sekedar diketahui SMK Negeri 3 Jayapura dan SMKN 5 Jayapura rencananya mulai menggelar MOS, Rabu (11/7) hari ini hingga Jumat (13/7) lusa. (kim/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *