Puluhan Orang Tua Datangi Kantor Dinas Pendidikan

Priyadi/Cepos
MINTA PENJELASAN_Para orang tua peserta didik saat mendatangi Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Senin(9/7)kemarin. Mereka meminta penjelasan Kadis P&K Kota Jayapura soal penerimaan peserta didik baru.

Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru yang Masih Bermasalah
JAYAPURA-Puluhan orang tua peserta didik di Kota Jayapura, mendatangi Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Senin (8/7) kemarin. Mereka meminta penjelasan terkait penerimaan peserta didik baru tingkat SMP yang cukup membingungkan dan tidak adanya pelayanan dari beberapa sekolah.
Oleh karena itu, puluhan orang tua yang merasa dikecewakan atas pelayanan itu, langsung mendatangi Kantor Dinas P & K Kota Jayapura, untuk meminta penjelasan langsung dari Kepala Dinas P&K Kota Jayapura Dr.Fachruddin Pasolo, MSi.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas P&K Kota JayapuraDr.Fachruddin Pasolo, M.Si, mengatakan, penerimaan peserta didik baru, saat ini dilakukan secara zonasi atau sesuai dengan alamat tempat tinggal, terdekat peserta didik, sehingga ada rasa keadilan dan menghindari adanya penumpukan di sekolah favorit atau lainnya.
“Terkait penerimaan secara sistem zonasi, orang tua peserta didik sudah tahu, dan menerimanya, karena ini aturan dan untuk memberikan rasa keadilan maupun pemerataan penerimaan di sekolah,” katanya.
Menyikapi keluhan para orang tua, terkait pelayanan di sekolah yang kurang maksimal, karena tidak dilayani dengan baik, Fachruddin Pasolo mengaku akan memanggil semua Kepala Sekolah yang dianggap tidak memberikan pelayanan. Termasuk memberikan data nama-nama peserta didik yang tidak diterima dalam sekolah itu, padahal peserta didik ini tinggalnya sesuai daerah zonasi penerimaan.
“Kita akan panggil kepala sekolahnya, dan menanyakan berapa jumlah kuota penerimaan peserta didik di masing-masing sekolah, karena ada peserta didik yang tinggalnya sesuai zonasi ada yang tidak diterima,jelasnya.
Sementara itu, salah seorang orang tua peserta didik Bernard Sineri, STh warga Dok VIII, mengatakan, tujuan kedatangannya adalah meminta penjelasan kepada Kadis Pendidikan, kenapa dirinya tidak dilayani baik saat mengurus berkas di SMPN 1 Jayapura. Padahal anaknya dulunya mendaftar di sana, lalu tidak diterima, kemudian diterima di SMPN 6 Jayapura, dan pihak SMPN 6 Jayapura minta melengkapi berkas dulu dari SMPN 1 Jayapura.
Namun setelah datang ke SMPN 1 Jayapura, justru tidak diberikan pelayanan malah tidak ada panitianya. Menurutnya, hal ini yang membuat dirinya jengkel dan pusing para orang tua peserta didik, hingga akhirnya datang ke Kantor Dinas P&K Kota Jayapura.
“Saya juga pertanyakan alamat rumah saya tinggal di Dok VIII dekat dengan SMPN 1 Jayapura, kenapa harus sekolah di daerah yang lebih jauh di Kayu Pulo, sehingga kami minta kebijakan dan bisa meninjau kembali dalam sitem penerimaan peserta didik baru ini,jelasnya.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *