Polisi Berdayakan Masyarakat Bertanam di Kampung Wonggi, Mappi

Bhabinkamtibmas Polsek Citak Mitak Brigpol Hamdani bersama warga binaanya menggarap lahan untuk ditanami

Manfaatkan Lahan Kosong Sebagai Lahan Pertanian

KEPPI- Di Kampung Wonggi, Kabupaten Mappi, Bhabinkamtibmas dampingi masyarakat untuk manfaatkan pekarangan rumah mereka sebagai lahan pertanian, hal ini sebagai wujud keberadaan Polisi di tengah masyarakat tak sekedar memberikan rasa aman dan nyaman, namun dilain sisi seorang anggota Polri dapat memberdayakan masyarakat itu sendiri.
Kegiatan Binmas Pionner ini sebagai wujud dan penjabaran dari Nawa Cita pemerintah dalam hal ini adalah Polri bisa hadir di tengah masyarakat memberikan rasa aman untuk mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif, serta kemandirian guna mewujudkan giat Pioner Bhabinkamtibmas Polsek Citak Mitak Polres Mappi.
Bhabinkamtibmas Polsek Citak Mitak Brigpol Hamdani menyebutkan bahwa lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal.
“Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga mereka,” terang Brigpol Hamdani sebagaimana rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Senin (9/7)
Berangkat dari hal tersebut, sebelumnya beberapa waktu yang lalu dimana Bhabinkamtibmas Polsek Citak Mitak Brigpol Hamdani bersama Charles di Kampung Wonggi untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya yang masih kosong untuk ditanamai tanaman yang bermanfaat seperti sayur-sayuran.
Besar harapan Brigpol Hamdani dengan berjalannya kegiatan tersebut, dapat menggugah warga sekitar dalam hal pemanfaatan lahan kosong, dan tentunya giat tersebut masih perlu bantuan dari dinas terkait guna pengembangan.
“Kegiatan Bhabinkamtibmas yang sedang berjalan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi ketersediaan pangan di sekitar kampung,” harapnya.
Menurutnya, budidaya sayur dan sumber pangan lain pada pekarangan rumah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga.
Sementara itu, Sergius salah satu warga menyambut baik atas pendampingan dari Bhabinkamtibmas yang dampingi masyarakat untuk manfaatkan pekarangan rumah mereka sebagai lahan pertanian.
Bagi Sergius, selain memberikan pesan-pesan Kamtibmas Brigpol Hamdani juga turut serta mendampingi warga untuk bertanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah.
“Ini salah satu hal positif, pekarangan rumah yang dulunya kosong bisa bermanfaat dengan adanya pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh Bhabinkamtibmas,” terangnya.
Dirinya berharap, kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan di Kampung Wonggi, Kabupaten Mappi melainkan juga di daerah lain agar dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Papua. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *