Pendaftaran Siswa Baru Tidak Boleh Ada Pungli

Roberth Yewen/Cenderawasih Pos

SISWA BARU: Sejumlah calon siswa/siswi usai mengikuti tes penerimaan siswa/i baru di SMA Negri 1 Sentani, minggu lalu.

SENTANI-Untuk mengantisipasi pungutan liar (Pungli) pada pendaftaran siswa/sisiwi baru, Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura sudah memberikan penegasan bahwa tidak boleh ada Pungli di semua sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan tim Saber Pungli yang tergabung dalam beberapa unsur lembaga penegakan hukum di Papua secara khususnya di Kabupaten Jayapura untuk mengantisipasi terjadinya praktek Pungli pada pendaftaran siswa baru tahun ini.

“Jika ada laporan masyarakat terkait adanya sekolah yang melakukan Pungli, maka akan langsung dilakukan penyelidikan oleh tim Saber Pungli dan langsung diproses hukum,” tegas Alpius Toam saat ditemui Cenderawasih Pos usai Halal Bihalal Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura di SMP YPPK Bonaventura, Kamis (5/7) lalu.

Alpius Toam berharap selama proses penerimaan siswa baru, seluruh sekolah melakukan penerimaan siswa baru sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak melakukan Pungli. “Kami harapkan sekolah bersih dan bebas dari Pungli di Kabupaten Jayapura,” ucapnya. (bet/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *