Pemprov Minta Evaluasi Otsus Dilakukan Setiap Tahun

Kepala Biro Otsus Pemerintah Provinsi Papua A.F  Rumarope

JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Otsus meminta agar evaluasi Otsus di kabupaten dan  kota dilakukan setiap tahun.

“Evaluasi Otsus perlu dilakukan setiap tahun anggaran atau pada akhir tahun harus ada evaluasi oleh pemerintah,”ujar kepala Biro Otsus Pemerintah Provinsi Papua A.F  Rumaropen.

Dikatakan,  evaluasi Otsus sangat perlu, pasalnya Pemerintah Provinsi melalui kebijakan gubernur telah mengalokasikan anggaran 80 persen untuk dikelola kabupaten/kota di Papua dan 20 persen dikelola oleh provinsi.

“Dari evaluasi tersebut kita akan tahu sejauh mana manfaat dana Otsus di kabupaten/kota dan juga provinsi. Paling tidak penggunaan anggaran Otsus harus tepat sasaran kepada kegiatan dan program yang mengarah ke masyarakat,”ujar Rumaropen.

Sementara itu untuk mengiventarisasi data sarana dan prasarana Otsus bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur di kabupaten/kota, pihaknya telah menyiapkan tim untuk mengambil sampel di kabupaten/kota.

Selain itu juga untuk menghemat keuangan, baik dalam pengadaan maupun untuk pemeliharaan dan penghapusan serta mempermudah pengawasan dan pengendalian.

“Nanti hasilnya akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi Provinsi Papua dalam pengelolaan dan penggunaan dana terkait sarana dan prasarana Otsus diberbagai bidang. Sementara itu proses mekanisme terkait bagaimana menginput data dan menyajikan data, sarana dan prasarana Otsus itu sendiri,”tambah Rumaropen.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *