Kelas Inspirasi Jayapura Ajarkan Anak-anak Tentang Keberagaman

Elfira/Cepos
Anak-anak di Kelurahan Argapura, Pantai Cerewet Distrik Jayapura Selatan saat belajar mewarnai dalam kegiatan yang digelar Kelas Inspirasi Jayapura, Sabtu (7/7) kemarin

JAYAPURA-Kelas Inspirasi Jayapura mengenalkan Indonesia dalam satu aksi dan cerita edukatif kepada anak-anak yang bertempat tinggal di RT 01 RW 03, di Pantai Cerewet, Kelurahan Argapura,  Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (7/7) kemarin.

   Kegiatan yang diadakan di Kampung Binaan Kelas Inspirasi Jayapura ini mendorong anak-anak agar dapat memahami Indonesia secara baik dan benar dengan penyampaian yang edukatif dan mudah dipahami dari berbagai kelas dan umur.

   Metode yang diajarkanpun tentu berbeda, yakni belajar sambil bermain agar tak membuat anak-anak merasa jenuh. Mewarnai peta, tebak kata, mendongeng dan bernyanyi lagu daerah terutama lagu Papua.

   Koordinator Relawan Kelas Inspirasi Jayapura, Marga  Agung Guritno mengatakan output dari kegiatan tersebut agar anak-anak mengenal Indonesia secara luas,  serta mengenal lagu daerah terutama dari Papua.

  “Lewat kegiatan seperti ini, kami ingin mengenalkan kepada mereka bahwa Indonesia itu luas dengan berbagai suku, adat, budaya dan bahawa didalamnya,” terangnya.

  Yang menjadi keinginan terbesar relawan KI Jayapura kata Aga yakni, bagaimana anak-anak Papua khususnya mereka yang ada di Wilayah Jayapura mendapatkan akses pendidikan yang baik, memiliki cita-cita yang tinggi sehingga bisa menjadi seseorang yang bisa dibanggakan nantinya.

   Sementara itu, salah satu warga RT 01 RW 3 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan Alfrida mengaku suatu hal positif dilakukan oleh Kelas Inspirasi Jayapura yang belum pernah dilakukan sebelumnya di tempatnya.

   Bahkan, ia memberi apresiasi dan ucapan terima kasih atas dibukanya Perpustakaan untuk anak-anak yang ada Pantai Cerewet, Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan.

“Dengan adanya Perpustakaan Kelas Inspirasi Jayapura, saya yakin dapat meningkatkan daya membaca dan belajar bagi anak,” terangnya.

    Ia mengaku, bahwa minat baca anak yang ada di Pantai Cerewet tersebut kurang diakibatkan anak-anak masih memikirkan bermain ketimbang belajar. Namun, dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kelas Inspirasi Jayapura selama ini perlahan membuat perubahan bagi anak-anak. “Ini wadah yang bagus bagi anak-anak kami,” tegasnya. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *