Bakar Ruko 77, Sembilan Orang Ditetapkan Tersangka

Ilustrasi

MIMIKA-Polisi tetapkan 9 tersangka atas kasus pengrusakan dan pembakaran Ruko 77 yang berlokasi di Jalan SP2, Kelurahan Timika Jaya pada Kamis (5/7).

Adapun 9 orang yang ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup serta keterangan dari para saksi yakni inisial PM, TM, PJ, SN. RS, AS FJ, FS dan LT.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP I Gusti Agung Ananta P,SH,SIK, MH ketika dikonfirmasi menerangkan, PM merupakan dalang dari kejadian tersebut lantaran mengumpulkan massa yang berjumlah  kurang lebih 20 orang di belakang perumahan Pemda SP 2 Timika sesaat setelah mendengar berita bahwa James Abugau meninggal lantaran Minum Miras yang dibeli di Toko 77.

“PM yang memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa almarhum meninggal lantaran minum Miras dan mengajak orang untuk menghancurkan toko tersebut,” terangnya.

Lanjut Gusti Ananta, sekelompok orangpun dengan berjalan kaki sambil berteriak dan setiba di Toko 77, massa langsung mengambil batu dan melempari Toko 77.

“Selanjutnya masuk ke dalam Toko mengambil Miras dan dibawa keluar untuk dihancurkan di depan toko,” terangnya.

Dikatakan, setelah pengrusakan dan pelemparan berlangsung, ada yang melakukan pembakaran sehingga menyebabkan Ruko terbakar dan merembes ke Ruko samping kiri kanan. Kemudian massa selesai merusak dan membakar toko 77 tidak lama kemudian datang mobil pemadam kebakaran dan massa mulai mundur mengikuti mobil jenazah yang kebetulan melintas membawa jenazah James Abugau.

“Saat ini para pelaku tersebut sudah mendekam dalam ruang tahanan Polres Mimika untuk mempertanggung jawabkan perbuatan yang mereka lakukan,” tegasnya. Adapun pelaku disangkakan Pasal 406 dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan. (fia/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *