Sejumlah Kabupaten Mulai Gelar Pleno Penghitungan Suara Pilgub

Roberth Yewen/Cenderawasih Pos

Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Pieter Silas Wally, saat mendatangi berita acara hasil rekapitulasi pilgub tingkat KPU Kabupaten Jayapura bersama komisioner KPU Kabupaten Jayapura lainnya di Hotel Sentani Indah (HSI), Kamis (5/7) kemarin malam

Jayapura – Pleno Pilkada Gubernur di tingkat Kabupaten/Kota mulai digelar. Sesuai agenda dan tahanap Pilkada serentak, untuk Pleno tingkat kabupaten/kota digelar pada dari tanggal 4  hingga 6 Juli 2018, selanjutnya pada 7-9 Juli Pleno di tingkat Provinsi.

Beberapa Kabupaten sudah, sedang dan akan melakukan pleno penghitungan suara, baik Pilgub maupun  Pemilihan Bupati untuk 7 daerah di papua yang menggelar Pilkada Bupati.

Dari pantauan Cenderawasih Pos di sejumlah kabupaten, baik pasangan Lukas Enembe – Kleme– Tinal ( Lukmen) maupun pasangan Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae ( Josua)  masing-masing mengumpukan suara secara signifikan.

Di beberapa kabupaten, pasangan Lukmen unggul, demikian juga di beberapa kabupaten pasangan Josua yang unggul.

Dari Merauke  dilaporkan, hasil pleno  tingkat Kabupaten Merauke yang dilakukan  oleh Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, di Gedung Bellafiesta, Kamis (5/7)  menunjukan  pasangan Jhon Wempi Watipo-Habel Melkias Suwae memperoleh  39.694 suara sah. Unggul dari pasangan  nomor urut 1 Lukas Enembe-Kelemen Tinal    yang memperoleh 38.819 suara sah.   Dengan demikian total suara sah kedua pasangan calon gubernur Papua tersebut adalah 78.513 suara.  Sedangkan suara tidak sah sebanyak 2.461. Dengan begitu, jumlah warga Merauke  yang menggunakan hak pilihnya pada pada Pilgub 27 Juni lalu sebanyak  80.974  suara atau 61,85 persen dari total DPT sebanyak 130.924  pemilih.

     Rapat pleno  yang dimulai sekitar  jam 10.00 WIT  itu dibuka langsung  Ketua KPU Kabupaten Merauke  Antonius Kasimirus Kaize. Hadir langsung menyaksikan  Panwas Kabupaten  Merauke, saksi dan tim sukses kedua pasangan.  Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH, nmengawal rapat pleno dari awal hingga ditutup.

     Setelah pembukaan, dilanjutkan  dengan perhitungan rekapitulasi  dari setiap PPD dari 20 distrik.  Pleno rekapitulasi  perhitungan berlangsung dengan aman dan lancar.  Sebab, dari  rekapitulasi setiap  PPD tersebut tidak ada lagi interupsi  atau penolakan namun saksi  dan panwas menyatakan menerima  setiap  PPD membacakan hasil rekapannya.

Antonius K. Kaize menyampaikan  terima kasih  kepada semua pihak  yang telah menyukseskan penyelenggaraan Pilgub di Kabupaten Merauke, mulai dari  masyarakat yang menggunakan  hak pilihnya, menjaga  situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

   Dari Keerom, hasil Pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Kabupaten yang berlangsung di kantor KPU Keerom, Swakarsa, Kamis, (5/7)., Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubenur Papua LUKMEN ungul dari pasangan JOSUA.

  Perhitungan yang dilakukan sejak pagi hari tersebut berlangsung aman, dengan di kawal langsung oleh angota polres dipimpin langsung Kapolres  AKBP Muji Windi Harto, S.IK.SH di hadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Keerom Blasius Waluyo Sejati, 

Dengan dipimpin langsung Ketua KPU Keerom Bonefasius Bao, S.IP, MA  di dampingi angota, Besrta Panwas masing masing PPD distrik  diberikan kesempatan untuk mempresentasekan rekapan suara hasil pleno tingakat distrik secara terbuka.

  Ketua KPU mengungkapkan dari keseluruhan hasil pleno yang digelar daro 11 distrik dan 150 TPS diwilayah ini, pasangan Lukas Enembe dan Kelemen Tinal ungul dengan perolehan suara terbanyak.

”Hasil pleno Kabupaten Keerom hari ini Paslon (Pasangan calon) nomor urut 1 memperoleh 17.607 suara dan paslon 2 memperoleh 10.474 suara,” ujarnya.(rin/oel/ulo/bet/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *