Progres Pembangunan Dermaga Kontainer  Capai 98 Persen

Yohana/Cepos
Pengerjaan pembangunan dermaga peti kemas yang tengah dikerjakan PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura, Jumat (6/7) kemarin.

JAYAPURA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa Pelabuhan Jayapura, PT Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura melakukan renovasi dermaga kontainer dan sampai dengan saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 98 persen.

General Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura, Muhajir Djurumiah mengatakan, proyek pelebaran dermaga peti kemas di Pelabuhan Jayapura ditargetkan selesai Agustus 2018.

Untuk saat ini pembangunannya dalam tahap penyelesaiaan dan bisa dipastikan Juli ini dermaga kontainer sudah siap digunakan.

“Progres pembangunan dermaga kontainer sudah mencapai 98 persen, masih tersisa 2 persen lagi. Pekerjaan dermaga kontainer ini kami kejar pembangunannya agar dapat terselesaikan pada Lebaran kemarin, akan tetapi karena banyak buruh yang mengerjakan proyek tersebut pulang kampung sehingga tertunda dan kami harap dapat selesai direnovasi bulan ini,” ungkap Muhajir kepada Cenderawasih Pos, Jumat (6/7) kemarin.

Lanjutnya, pelebaran dermaga kontainer masih tersisa 2 persen penyelesaiannya, tapi masih ada pekerjaan tambahan juga yakni pemasangan rel bagi aktivitas crane untuk bongkar muat peti kemas.

Sebelumnya Muhajir menyebutkan, total dana yang pihaknya gunakan untuk pembangunan kedua dermaga baik dermaga penumpang dan dermaga container  sebesar Rp 185 miliar untuk Pelabuhan Jayapura dan  yang mengerjakan dari BUMN yaitu PT. Nindya Karya.

Muhajir menjelaskan, kedua dermaga yang pihaknya bangun masing-masing memiliki panjang  dan luas berbeda. Untuk pelabuhan penumpang panjangnya 125 meter dan luas 15 meter, sedangkan untuk dermaga kontainer panjang 150 meter dan luas 30 meter.

‘’Untuk dermaga kontainer, kami telah menambah luas dermaga ke laut sepanjang 15 meter dari dermaga semula,’’imbuhnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *