Harus Menang Lawan Vietnam

Pemain Indonesia Todd Rivaldo Alberth Ferre melakukan selebrasi usai mencetak gol kegawang Singapura pada saat ASEAN Football Federation Grup A 2018 di Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur, kemarin, Selasa (3/7/2018). Pada pertanding ini Indonesia meraih kemenangan atas Singapura dengan kedudukan akhir 4-0.FOTO:Dipta Wahyu/Jawa Pos

Indonesia vs Vietnam

SIDOARJO—Hasrat Indra Sjafri untuk mengulang sejarah mengantarkan Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF 2018 ditentukan malam nanti. Menghadapi Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo Indonesia wajib menang untuk mengamankan satu tiket ke babak semi final. Jika hasil lagan anti berujung seri, maka nasib Indonesia bergandtung pada laga terakhir kontra Thailand (9/7).

Saat ini Garuda Muda berada di puncak klasemen dengan raihan sembilan poin dari kemenangan tiga laga secara berturut. Disusul Vietnam yang mengkoleksi 7 angka dari hasil dua kali menang dan satu kali imbang.

Tahun lalu diajang yang sama, Indonesia juga berada satu grup dengan Vietnam. Hanya saja, tim asuhan Indra Sjafri itu harus tunduk tiga gol tanpa balas dari Vietnam (11/9/17). Ingin mengahapus luka lama, Garuda Muda siap menerkam Vietnam. Keuntungan didapat Indonesia sebab mendapat dukungan langsung dari suporter.

”Pemain Vietnam 80 persen sama seperti di Myanmar. Kekalahan kemarin harus dibalas dengan gol,” tutur Indra Sjafri.

Hanya saja dalam duel nanti malam, Indonesia terancam kehilangan Saddil Ramdani dan Todd Rivaldo Ferre yang mengalami cedera saat laga kontra Filipina (5/7). Namun, Indra Sjafri tidak ambil pusing. Sebab mantan pelatih Bali United itu masih punya opsi untuk menurunkan Feby Eka Putra dan Resky Fandi Witriawan.

”Mereka mengalami cedera namun tidak terlalu serius. Todd bengkak pada siku, sedangkan Saddil bengkak di punggung bagian bawah. Masih kami lakuakan observasi, besok (hari ini, Red) keputusannya,” jelas dokter tim Indonesia Ifran Akhmad.

Disisi lain Indra Sjafri juga akan melakukan rotasi pada pemainnya. Asnawai Mangkualam yang disimpan di laga ketiga, kemungkinan akan kembali menjadi starter. Kemudian striker Hanis Sagara dan gelandang Syahrian Abimanyu juga memungkinkan akan turun dari menit pertama.

”Starter tadi pasti akan ada yang diganti. Harus ada keberanian untuk menurunkan pemain lain. Nggak adil kalau kami tidak memberi kesempatan pada mereka,” ucap pelatih asal Sumatra Barat itu.

Sementara itu kubu Vietnam yang ingin lolos dari fase grup juga akan tampil ngotot. Sebab saat ini poin yang dikumpulkan Vietnam sama dengan raihan Thailand. Untuk itu, tim asuhan Hoang Anh Tuan akan tampil all out.

”Laga lawan Indonesia besok tidak akan mudah. Ini menjadi penentu kami lolos semi final atau tidak,” ujar Hoang Anh Tuan. ”Mereka tim yang bagus dan punya pemain yang kuat. Saya pikir seluruh pemain Indonesia berbahaya,” imbuhnya. (mia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *