Barang Bukti 7 kg Ganja Dimusnahkan

Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota saat musnahkan sekira 7 Kg ganja di Mapolres Jayapura Kota, Rabu (4/7) kemarin.

JAYAPURA- Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota memusnahkan  7 Kg ganja  barang bukti dari 7 laporan polisi yang ditangani Polres  Jayapura Kota, Rabu (4/7) kemarin. Menurut Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota, AKP. M.Y.B. Hanafi, SIK,  ganja seberat 7 kg yang dimusnahkan di Mapolres Jayapura Kota tersebut, proses hukumnya  masih tahap 1.

   “Karena Jaksa Penuntu Umum (JPU) minta Barang Bukti dimusnahkan maka otomatis kami musnahkan, sebagaimana sudah diatur dalam Undang-undang Narkotika,” ucap Hanafi kepada Cenderawasih Pos.

   Lanjut Hanafi, namun ada sebagian Barang Bukti (BB) yang disisihkan guna kepentingan saat persidangan di Pengadilan nantinya. Menurutnya, terhitung sejak Januari hingga Juli 2018 Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota menangani sebanyak 74 kasus dengan rincian ganja sebanyak 61 kasus, Sabu-sabu sebanyak 4 kasus, Minuman Keras (Miras) jenis balo 8 kasus dan Pil PCC sebanyak 1 kasus.

  “Proses penyelesaiannya sendiri untuk tahap 2 sebanyak 34 kasus, tahap 1 sebanyak 11 kasus dan 29 kasus sedang dalam proses,” terangnya.

   Dalam upaya penanganan kasus pengedaran  Narkotika di wilayah hukumnya, Hanafi mengaku jika terbukti maka diproses secara hukum. Namun di sisi lain, pihaknya kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan bahkan turun langsung ke sekolah untuk mengingatkan akan bahaya penyalahgunaan Narkotika itu sendiri.

   “Intinya,  peran orang tua sangat penting di sini, selalu melakukan pengawasan kepada anak-anak mereka dan mengontrol serta memastikan dengan siapa anak mereka berteman,” tandasnya. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *