Pilkada Biak, Pasangan Herry – Nehem Menang Telak

Pasangan Calon Bupati/Wabup Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd – Nehemia Wospakrik, SE, MM,B.Sc.

BIAK-Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Bupati Biak Numfor yang digelar di Aula Gedung Wanita, dua hari beturut-turut secara resmi ditutup, Rabu (4/7) kemarin. Secara keseluruhan proses rekapitulasi penghitungan suara berjalan dengan lancar dan tertib.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut menetapkan pasangan nomor urut dua (2) Herry Ario Naap, S.Si,M.Pd – Nehemia Wospakrik, SE,MM,B.Sc sebagai peraih suara terbanyak dengan 24.892 suara atau 42,55 %, peraih suara terbanyak kedua pasangan nomor urut tiga (3) Nicodemus Ronsumbre – Ir. Ackmal Bahri Kalabe dengan 19.824 suara atau 33,89 %.

Sementara pasangan nomor urut satu (1) Drs Andareas Msen – Justinus Noriwari, S.Th  dengan 13.787 suara atau 23,57 %. Dengan begitu maka pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Herry Ario Naap – Nehemia Wospakrik dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Biak Numfor Tahun 2018.  Selisih suara pasangan nomor urut 2 dan 3 sebanyak 5.68 suara.

Pasangan Herry A Naap – Nehemia Wospakrik yang familiar dikenal dengan sebutan Herry – Nehem menang telak di sejumlah distrik. Beberapa distrik yang dimenangkan dengan angka mutlak oleh pasangan Herry – Nehem diantaranya Distrik Samofa dengan 5.507 suara atau selisih 2000 suara dengan nomor urut 3.

Demikian halnya Distrik Swandiwe dimenangkan dengan 62,33 % dari total pemilih di distrik tersebut. Distrik-distrik lainnya yang dimenangkan oleh pasangan Herry – Nehem adalah Distrik Yendidori, Distrik Biak Barat, Distrik Oridek dan empat dimenangkan dari lima distrik yang ada di Kepulauan Numfor.  Di Kepulauan Numfor Herry – Nehem hanya kalah di Distrik Numfor Timur.

Pasangan Herry – Nehem kalah di distrik khususnya yang merupakan basis suara pasangan nomor urut 1 dan 3, namun selisih suaranya sangat tipis.  Dengan begitu, maka KPU Biak Numfor mengumumkan tiga hari kedepan hasil rekapitulasi tersebut, setelah itu akan digelar pleno penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor terpilih masa bakti 2019 – 2023.

“Setelah selesainya pleno ini maka hasilnya kami akan umumkan ke masyarakat secara terbuka selama tiga hari. Nah, setelah tiga hari itu, kami akan lakukan pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor tepilih,” ujar Ketua KPU Biak Numfor Jackson Maryen kepada wartawan setelah pleno rekapitulasi tuntas.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *