SMAN 1 Sentani Prioritaskan Kualitas Siswa

Para calon siswa, saat mengikuti tes di SMA Negeri 1 Sentani, Senin (2/7) kemarin.

Kemarin 670 Siswa Ikut Tes di SMA Negeri 1 Sentani

SENTANI- Penerimaan peserta didik baru (PDB) di SMA Negeri 1 Sentani tetap akan memperhatikan kualitas dari para siswa dan siswi yang mengikuti tes sebagai salah satu syarat masuk di SMA Negeri 1 Sentani tahun ajaran 2018/2019.

Kepala SMA Negeri 1 Sentani, Agnes Mambieuw, mengungkapkan bahwa untuk penerimaan PDB ini pihaknya tetap mengutamakan kualitas dari masing-masing peserta didik sebagai salah satu syarat masuk di salah satu SMA favorit di Kabupaten Jayapura ini.

“Kami tidak hanya memperhatikan kuantitas dari para siswa yang masuk di sekolah ini, tetapi yang terpenting adalah kualitas dari siswa yang akan diterima di sekolah ini menjadi syarat utama yang kami nilai,” ungkapnya saat ditemui Cenderawasih Pos di SMA Negeri 1 Sentani, Senin (2/7) kemarin.

Menurut Agnes, khusus untuk siswa yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik bisa dapat menunjukkan sertifikatnya dan secara otomatis langsung diterima sebagai siswa di SMA Negeri 1 Sentani. Sedangkan yang lainnya, tetap mengacu pada hasil tes yang telah diikuti oleh para calon siswa tersebut.

“Jadi sudah kurang lebih ada 31 siswa berprestasi yang telah kami terima tanpa mengikuti tes dan untuk tahun ini kami hanya terima siswa sesuai dengan 10 rombongan belajar atau 10 kelas, dimana 1 kelas hanya bisa menampung 36 siswa dan tidak bisa lebih,” ucapnya.

Dia menyatakan pihaknya tidak menerapkan sistem zona, tetapi pihaknya menerima dari mana-mana saja, yang terpenting siswa tersebut memiliki kualitas dan dapat menaati semua peraturan, baik jam masuk maupun jam keluar maupun semua tata tertib yang ada di SMA Negeri 1 Sentani.

Sementara itu, Ketua Panitia penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Sentani, Tri Suharti, menjelaskan bahwa hari ini (kemarin-red) para calon siswa telah mengikuti tes yang meliputi mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. “Tes ini diikuti oleh kurang lebih 670 calon siswa yang mendaftar di SMA Negeri 1 Sentani,” jelasnya.

Suharti, menyatakan untuk tahun ini pihaknya hanya menerima kurang lebih 360 siswa yang terbagi dalam 10 rombongan belajar atau 10 kelas belajar, di mana per kelas hanya bisa menampung 36 siswa dan tidak bisa lebih. “Jadi kami harapkan bagi siswa yang tidak lulus jangan putus asa, karena masih ada sekolah lain dan semua sekolah sama saja, karena yang mengajar adalah guru-guru yang sudah memiliki sertifikasi dan semuanya adalah sarjana,” ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *