Pelabuhan Masih Rawan Penyelundupan

Kapolsek KPL Jayapura bersama anggota saat memperlihatkan minuman keras jenis sopi tak bertuan yang berhasil diamankan di Pelabuhan Laut Jayapura pada Senin (2/7).

Ganja dan 110 Liter Sopi Tak Bertuan Diamankan

JAYAPURA-Meski pengawasan di pelabuhan di perketat, namun upaya oknum penumpang kapal putih untuk menyelundupkan barang terlarang, tetap saja terjadi. Seperti halnya saat  KM Dobonsolo sandar di pelabuhan Jayapura, Senin (2/7) kemarin,  seorang pemuda berinisial YK (18) terpaksa diamankan di pintu pemeriksaan tiket terminal Pelabuhan Jayapura.

  Pelaku ditangkap karena kendapatan membawa ganja kering dalam satu bungkus plastik bening ukuran sedang yang hendak dibawa ke Sorong, Papua Barat.

   Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura Iptu Joko Prayogo ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, kini YK sudah diserahkan ke Sat Narkoba Polres Jayapura Kota guna penyidikan lebih lanjut.

  “Dari pemeriksaan sementara pelaku mengaku barang tersebut akan diberikan kepada seseorang yang ada di Sorong  dan di sana dirinya sudah ditunggu oleh seseorang,” ucap Joko.

   Selain mengamankan ganja dan pelakunya, anggota Polsek KPL juga mengamankan 110 liter Miras jenis sopi tak bertuan yang dipikul oleh salah satu buruh bagasi Pelabuhan Laut Jayapura.

“Pemilik Miras melarikan diri dan sampai saat ini belum diketahui identitasnya, sedang buruh yang mengangkat barang tersebut juga tak mengenal pelaku,” ucap Joko.

  Dikatakan, modus yang digunakan yakni Miras jenis sopi tersebut dipacking pada 3 karton besar yang masing-masing kartonnya terdapat 3 karton kecil berisikan sopi sebanyak 15 liter yang dibungkus dalam plastik bening 5 liter sebanyak 3 bungkus plastik.

  “Minuman keras jenis Sopi yang terdapat di dalam karton – karton tersebut pemiliknya menggunakan modus dengan cara dicampur dengan Sagu untuk mengelabui petugas,” ucap Joko yang dikonfirmasi Cenderawasih Pos.

  Mieras Sopi sebanyak 110 liter tersebut, kata Joko, langsung diamankan dan akan dimusnahkan, dan untuk pemiliknya sendiri sedang dalam penyelidikan.

  Dengan diamankan pengedar ganja dan 110 liter tak bertuan di Pelabuhan Jayapura, kedepan pengawasan akan ditingkatkan pada titik-titik tertentu guna mengantisipasi keluar masuknya barang haram di Kota Jayapura.

   “Untuk pengawasan terus kami lakukan dengan menempatkan personil pada titik-titik tertentu,” tandasnya.

  Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota AKP M.Y.B Hanafi menyebutkan terkait dengan YK yang diamankan di Pelabuhan Jayapura sedang dalam pemeriksaan dan belum ditetapkan sebagai tersangka.

  “Yang bersangkutan sudah kami amankan hanya belum dilakukan penahanan lantaran sedang dilakukan pemeriksaan,” tandasnya. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *