Di Keerom, Ada TKA Bekerja di Perusahaan Tambang

Noel/Cepos
Julito Pereira

KEEROM-Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Keerom, Julito Pereira mengakui, di wilayah Kabupaten Keerom telah masuk tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di perusahaan tambang di Distrik Senggi.

“Di Keerom ada TKA, kami tahu sesuai laporan tapi mereka secara resmi belum mendaftar ke Disnaker sebagai tenaga asing,”kata Julito kepada Cenderawasih Pos, di ruang kerjanya, Selasa, (3/7).

Dikatakan, harus ada tim dari kepolisian dan imigrasi untuk memeriksa perusahaan tambang ini, karena pihaknya tidak punya kewenangan.

Dijelaskan, untuk tenaga kerja asing  urusannya terpadunya di imigrasi dan kewenganan izin itu di provinsi dan pusat, kabupaten hanya bisa memantau dan melaporkan.

“Izin penggunaan tenaga kerja asing itu di kementerian, sementara untuk berapa banyak tenaga asing belum terlalu banyak, tapi itu dari  dua tahun lalu,”katanya.

Ia menambahkan, terkait keberadaan di perusahaan tambang di Senggi, pihaknya bersama beberapa dinas terkait berencana turun memantau TKA di sana,  namun hingga saat ini belum dilakukan.”Sudah pernah kita rencana Sidak di perusahaan tambang itu, jika kedaptan tidak miliki izin menggunakan (TKA) maka bisa dikenakan sanksi,” pungkasnya.(oel/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *