Hari Bhayangkara Panglima TNI dan Kapolri Hadir di Papua

Kapolri Jendral Polisi Prof.H.M.Tito Karnavian Ph.D, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Pangdam XVII/Cenderawasih serta anggota Polda  foto bersama di Mapolda Papua usai pemotongan tumpeng.

JAYAPURA- Hari Bhayangkara ke-72 yang jatuh pada 1 Juli 2018 kemarin terasa spesial dan mengukir sejarah tersendiri bagi Kepolisian Daerah (Polda) Papua, bagaimana tidak. Dalam perayaannya dihadiri langsung oleh Kapolri Jendral Polisi Prof.H.M.Tito Karnavian Ph.D, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P.

  Bahkan, Tito Karnavian mengaku sebuah kehormatan tersendiri lantaran pertama kalinya HUT Polri dirayakan dan dihadiri langsung oleh Panglima TNI bersama anggota Polri dan TNI yang ada di Papua.

“Kali ini saya merayakan Hari Bhayangkara di tempat dimana saya bertugas dulu dan dihadiri oleh Panglima TNI, sungguh kebahagiaan tersendiri,”ucap Tito sembari mengenang masa tugas menjadi Kapolda Papua dulu.

  Kebahagiaan lainnya bagi Tito yakni belum pernah dalam sejarah peringatan 1 Juli hari lahirnya Polri dihadiri oleh Panglima TNI di Papua. Sehingga itu, suatu kebahagian dan berkat tersendiri bagi jajaran Polri.

  Kapolri Tito pun tak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh Bhayangkara anggota kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah bekerja keras dan kesetiaan ibu bhayangkari  yang berhasil menemani suami disampingnya.

  Bagi Tito, dengan adanya hubungan baik TNI-Polri ia yakin menjadi modal penting bagi bangsa Indonesia NKRI akan tetap utuh dan menjadi pemain penting dalam percaturan dunia.

“Saya harap kerja sama ini akan terus menguat dan meningkat dalam rangka menjaga NKRI dan sekaligus kejayaan bangsa dan bernegara,” ungkap Kapolri.

  Terkait dengan persoalan yang ada di Papua, Tito menilai bahwa masalah ras bukanlah masalah yang ada di Papua melainkan juga terjadi di Negara lainnya seperti Hongkong dan  New Zealand.

“Masalah ras bukanlah masalah yang ada di Papua, namun masalah utama yang ada di Papua adalah ekonomi. Oleh karena itu pemerintah saat ini terus menggenjot pembangunan dan perekonomian di Papua,” terangnya.

  Sementara itu, Panglima TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P., mengungkapkan rasa bangganya karena mungkin baru dalam sejarah dan bahkan dicatat oleh sejarah dirinya hadir di ujung negeri paling timur untuk memperingati hari ulang tahun ke 72  Polisi Republik Indonesia.

Ia juga menilai bahwa Polri telah menunjukan profesional, semakin modern dan terpercaya, hal itu terbukti adalah hasil survei bahwa persepsi publik terhadap kepolisian terus meningkat dan tentunya sinergitas dengan TNI juga semakin baik.

  “Terus menjaga soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri, sebab TNI-Polri adalah institusi yang besar di negeri ini apabila TNI-Polri sinergi maka dapat dijamin NKRI tetap utuh. Oleh sebab itu solidaritas TNI-Polri adalah harga mati dan menjaga NKRI juga harga mati,” pesan Panglima terhadap para prajurit TNI-Polri.

  Hadi Tjahyanto juga memberikan apresiasinya kepada TNI dan Polri karena dapat melaksanakan tugas dengan tulus dan baik, apalagi di Papua yang notabene sangat berat mengingat ketertingalan masalah infrastruktur.

  Namun lanjut panglima TNI, menjadi anggota Polri dan TNI harus siap ditempatkan di manapun. Iapun menyampaikan rasa bangganya terhadap TNI Polri yang bertugas di papua dan dengan semangat tinggi dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh Negara.

“Urusan kesejahteraan adalah urusan pemerintah yang akan segera direalisasikan, apabila kita  betah bertugas di papua maka kita harus menyatu dengan alam di papua,” bebernya.

Sekedar diketahui, kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri di tanah Papua dalam rangka pelaksanaan supervisi dan masalah keamanan di Papua khusus masalah Pilkada serta Perayaan ke 72 tahun Bhayangkara.

Dalam kunjungannya tersebut di hadiri oleh Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit, Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar. MH, Kabaintelkam Polri, Asops TNI, Kapuspen TNI, Aster, Kakor Brimob Polri, Pangkosek, pangkoopsau AU III, Karo Provos Polri. Pejabat utama Polda Papua dan Kapolres jajaran, Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Ariawan, beserta Pejabat Utama, Danlantamal dan Danlanal jajaran, Pangkoops AU III, Marsma TNI Tamsil Gustari Malik, beserta Pejabat Utama Koops AU III dan Danlanud jajaran, Pangkosekhanudnas IV/ Biak, Marsma TNI Jorry S. Koloay, beserta Pejabat Utama dan jajaran dan Para Prajurit TNI dan anggota Polri.

  Sebelum tiba di Polda Papua Petinggi Polri dan TNI ini melaksanakan kunjungan kerja di Kodam XVII Cenderawasih, Di sela-sela kunjungan di Polda Papua Kapolri juga melakukan pemotongan kue serta peniupan lilin dalam rangka HUT Bhayangkara ke 72 dan memberikan arahan kepada prajurit TNI-Polri. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *