Ini Harga BBM Non Subsidi Sekarang

Yohana/Cepos
Aktivitas pengisian BBM Di SPBU Codo Padang Bulan Waena, belum lama ini.

JAYAPURA – Manajemen PT Pertamina telah melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis Pertamax Series dan Dex Series mulai 1 Juli 2018.

Manager Communication and CSR PT Pertamina MOR VIII Maluku dan Papua, Eko Kristiawan menjelaskan, untuk wilayah Maluku dan Papua, harga baru Pertamax Rp 9.700 per liter yang mana sebelumnya Rp 11.050 per liter, sedangkan untuk Dexlite sebelumnya Rp 8.550 per liter menjadi Rp 9.200 per liter.

“Penyesuaian harga ini merupakan dampak dari kenaikan harga minyak mentah dunia yang terus naik sampai dengan rata-rata 75 dolar per barrel. Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak mentah naik akan diikuti dengan kenaikan harga BBM,” ungkap Eko dalam rilisnya kepada Cenderawasih Pos, Minggu (1/7) malam.

Lanjut Eko, saat ini Indonesia merupakan negara pengimpor minyak karena tidak seimbangnya permintaan dan suplai, yang mana permintaan permintaan meningkat dikarenakan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terus meningkat. Untuk itu penyesuaian harga BBM Pertamax series dan Dex series dilakukan Pertamina sebagai badan usaha dengan mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 perubahan kelima atas Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 tahun 2014 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

“Kami juga mengapresiasi konsumen yang setia menggunakan bahan bakar berkualitas, ramah lingkungan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.  Adapun harga bahan bakar minyak non subsidi yakni Pertalite Rp 8.000 per liter, Pertamax Rp9.700 per liter, Dexlite Rp9.200 per liter, Solar non subsidi Rp9.300 per liter dan minyak tanah non subsidi Rp 12.100 per liter,” pungkasnya. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *