16 PPD Diminta Lengkapi Berkas Rekapitulasi Pilgub

Masyarakat saat melakukan pencoblosan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Papua di Ibukota Tolikara Karubaga, 27 Juni 2018.

WAMENA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tolikara, minta 16 Panitia Pemilihan Distrik (PPD) melengkapi berkas pencoblosan agar bisa dilakukan rekapitulasi suara di kantor KPU kabupaten sebelum diserahkan kepada KPU Provinsi Papua.

Ketua KPU Tolikara, Yustinus Padang melalui releasenya di Wamena,  mengatakan, proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada 27 di Tolikara berjalan aman dan lancar. Bahkan lebih dari 17 distrik sudah menyerahkan hasil pemilihan ke Kantor KPU Tolikara untuk direkapitulasi namun belum dilakukan.

“Dari 17 PPD, hanya satu distrik yaitu Distrik Kubu yang bisa direkapitulasi hasilnya karena data yang dilaporkan lengkap. Sementara 16 PPD belum bisa direkap laporannya karena laporannya belum lengkap. Kami minta PPD melengkapi data administrasinya,”ungkapnya, Sabtu (30/6).

Pada saat pemilihan, kata Yustinus, sempat terjadi gesekan di masyarakat tetapi dengan sigap aparat keamanan meredahkan situasi sehingga tidak meluas dan bisa diselesaikan secepatnya.

“Meski terjadi gesekan atau keributan antar masyarakat pemilih, namun situasi sudah membaik karena dapat diselesaikan oleh panitia di setiap TPS,” katanya.

KPU Tolikara juga berencana melakukan penjemputan petugas PPD, Panwas distrik dan polisi yang berada dekat lokasi perbatasan Kabupaten Puncak Jaya atau lokasi terjadi penembakan, dengan menggunakan helicopter.

“Kami berencana menjemput PPD dan aparat keamanan yang bertugas di Distrik Tow yang memang berdekatan dengan Distrik Torere yang menjadi tempat penembakan kemarin,”jelas Yustinus.

Ia mengatakan, penembakan yang terjadi di salah satu distrik di Puncak Jaya, berdekatan dengan Distrik Tow di Kabupaten Tolikara sehingga keamanan penyelenggara menjadi perhatian KPU.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *