Rekapitulasi Suara di PPD Mulai Berjalan

riyadi/Cepos

PLENO TERBUKA-Petugas PPS saat membuka kotak suara dari Kelurahan Ardipura, dalam rapat pleno terbuka, diselenggarakan PPD Japsel, di Kantor Distrik Japsel, Jumat (29/6).

JAYAPURA – Proses rekapitulasi suara dalam Pilkada Gubernur Papua 2018 masih terus digarap. Untuk Distrik Abepura sendiri dilakukan di aula Kantor Distrik Abepura dan baru dilakukan penghitungan pada Jumat (29/6) kemarin. Meski belum sepenuhnya terangkum namun proses ini dipastikan akan berlanjut besok. Selama penghitungan lokasi distrik dijaga ketat oleh aparat keamanan yang tanya Polisi tetapi juga TNI lengkap dengan senjata.
Namun hingga sore kemarin baru 3 kelurahan dan tiga kampung yang berhasil diselesaikan. Tiga kampung tersebut adalah Kampung Engros, Nafri dan Koya Koso sedangkan tiga kelurahan lainnya adalah Kelurahan Abe Pantai, Kelurahan Yobe dan Kelurahan Asano. Dari totalnya tercatat bahwa untuk kelurahan Abe Pantai pasangan Lukmen meraih hasil 678 suara sedangkan JWW-HMS meraih 746 suara. Lalu Kelurahan Yobe pasangan Lukmen meraih 870 suara sedangkan JWW-HMS sebanyak 2.017 suara dan Kelurahan Asano pasangan Lukmen meraih 355 suara sedangkan JWW-HMS mengantongi 2.193 suara.
Untuk Kampung Engros pada TPS 01 pasangan Lukmen meraih 95 suara sedangkan JWW-HMS meraih 135 suara. Kampung Nafri pasangan Lukmen merain 378 suara dan JWW-HMS meraih 980 suara. Sedangkan untuk Kampung Koya Koso dengan tujuh TPS pasangan Lukmen meraih 934 suara dan JWW-HMS meraih 964 suara. Ini artinya Distrik Abepura masih harus menyelesaikan penghitungan pada 5 kelurahan lagi.
“Tadi memang kami mulai sekitar pukul 13.00 WIT setelah makan siang dan belum semua bisa terhitung. Kami masih memiliki waktu beberapa hari ke depan tapi secepatnya akan kami rampungkan,” kata salah satu anggota PPD, Doto Evert.
Pantauan Cenderawasih Pos proses rekapitulasi ini berjalan lancar dan transparan, jika terjadi kesalahan penghitungan Panwas selalu dilibatkan termasuk saksi-saksi aktif mencatat. “Progresnya secepat mungkin dan kami berharap jika bisa sebelum tanggal 4 Juli sudah bisa diselesaikan,” singkat Doto. Dari hasil ini nantinya hasil rekapitulasi akan dilakukan pleno dan hasilnya diserahkan ke KPU Kota Jayapura.
Di tempat terpisah, pleno rekapitulasi penghitungan suara juga berlangsung di Distrik Jayapura Selatan dipimpin Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Jayapura Selatan, Yakonias Peday. Dari pantauan Cenderawasih Pos dari siang hingga menjelang malam, dari 5 Kelurahan dan 2 kampung di Distrik Japsel, baru di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Numbay, Kelurahan Argapura dan Kelurahan Ardipura, serta 2 kampung, yaitu kampung Tobati dan Kayu Pulo yang diplenokan.
Berdasarkan dari penghitungan surat suara secara terbuka, untuk Kelurahan Numbay ada 14 TPS, Paslon Nomor 1 mendapatkan sebanyak 892 suara dan Paslon nomor 2 mendapatkan sebanyak 1.964 suara
Untuk di Kelurahan Argapura dengan jumlah 26 TPS, Paslon Nomor 1 mendapatakan sebanyak 2.430 suara, Paslon nomor 2 sebanyak 2.310 suara. Sedangkan, untuk di Kampung Tobati ada 1 TPS, Paslon nomor 1 mendapatkan sebanyak 64 suara, sedangkan Paslon nomor 2 mendapatkan sebanyak 90 suara. Untuk di Kampung Kayu Pulo ada 1 TPS, dimana Paslon nomor 1 mendapatkan sebanyak 132 suara, sedangkan Paslon nomor 2 mendapatkan sebanyak 199 suara.
Penghitungan juga dilanjutkan untuk Kelurahan Ardipura ada 27 TPS. Sedangkan untuk Kelurahan Entrop dan Kelurahan Hamadi akan diplenokan hari Sabtu ini.
Sementara itu, Kadistrik Jayapura Selatan H.Wijaya Kusuma, SE.,MM.,berharap rapat pleno terbuka ini diharapkan bisa berjalan lancar, tertib, aman dan sukses. Semua pihak bisa mengawalnya dengan baik dan mendukung penyelenggara dengan maksimal.(ade/dil/tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *