Gubernur Pastikan Situasi Nduga Aman dan Kondusif

Pertemuan antara Forkompimda Provinsi Papua dengan Pemkab Nduga dan masyarakat di Kenyam, Jumat, (29/6), kemarin.

WAMENA—Setelah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nduga bersama Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Penjabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo memastikan jika situasi di Kabupaten Nduga aman dan pelaksanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua berlangsung aman.
Pada prinsipnya stabilitas keamanan cukup kondusif, pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tetap lanjut, sekarang sedang dilakukan penghitungan,katanya saat ditemui di Bandara Wamena Jumat, (29/6) kemarin.
Menurutnya, pasca penembakan dua pesawat jelang Pilgub di Nduga sudah tidak ada masalah, termasuk masalah stabilitas keamanan sudah terkendali, semua distrik sudah lakukan pemilihan, keamanan di sana juga sudah dikendalikan oleh aparat keamanan.
Di Paniai tinggal pemilihan bupati, karena masih menunggu keputusan KPU RI dan saya dengar KPU kabupaten ajukan gugatan ke PTUN, jika itu betul maka keputusannya menunggu PTUN, jelas Soedarmo.
Di tempat yang sama, Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengaku, personel yang ada sudah cukup mengamankan jalannya Pilgub di sana bahkan lapangan terbang Kenyam juga telah dikuasai oleh aparat gabungan.
KPU sampaikan bahwa pemungutan suara sudah selesai semua Kamis sore, jadi Nduga sudah dinyatakan selesai demikian juga Pilgub di Paniai sudah dinyatakan selesai, tinggal proses pengitungan saat ini masih berlangsung rata-rata pada level PPD, dua hari ini PPD selesai baru dikirim ke kabupaten, 4 Juli dikirim ke provinsi,bebernya.
Kapolda juga memastikan jika penerbangan yang hendak mendarat di lapangan terbang Keneyam, Nduga sudah bisa dilakukan, tidak ada masalah, ini dibuktikan dengan proses pendaratannya tadi berlangsung dengan aman dan terkendali.
Kalau pesawat biasa silahkan terbang ke sana untuk pesawat komersil semuanya sudah kami amankan dengan aparat gabungan TNI/ Polri yang melakukan pengamanan di sana,”tuturnya. (jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *