Waspada Candu hingga Phubbing Bagi Anak

JAYAPURA – Salah satu pemerhati kesehatan masyarakat Kota Jayapura, dr Gunawan Ingkokusumo mengingatkan agar orang tua bisa lebih bijak untuk memberikan Handphone kepada buah hatinya. Pasalnya jika anak kebablasan menggunakan Hp, maka dikhawatirkan akan menjadi kecanduan dan berdampak pada kesehatan. Dokter yang suka mengadvokasi isu HIV-AIDS ini mengatakan saat ini banyak masyarakat yang mulai cenderung terjebak dalam rutinitas menggunakan Hp.

Jika penggunaan normal, kata Gunawan, maka efeknya juga normal. Namun jika berlebihan maka akan melahirkan efek candu hingga phubbing alias sikap acuh terhadap lingkungan dan lebih peduli terhadap Hp. “Jika digunakan berlebihan maka akan kecanduan, orang tidak bisa lepas dari Hp dalam kesehariannya dan akhirnya membunuh interaksi sosial atau menurunkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” kata dr Gunawan saat ditemui di Hotel @Home, Tanah Hitam, Kamis (28/6).

Menurut dr Gunawan, ada beberapa dampak negatif kecanduan Hp bagi kesehatan mengingat gelombang elektromagnetik pada ponsel mengandung radiasi kuat yang bisa menembus ruang hampa dan jaringan otak secara tegak lurus. Jika ini terus menerus terjadi maka bisa menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

Tak hanya itu, dampak lainnya juga adalah gangguan tidur, tubuh mudah lelah termasuk berpotensi terserang alzheimer yang masuk lewat rongga telinga dan membuat orang sering lupa, bingung, daya ingat menurun, termasuk bisa merusak janin jika sang ibu dalam keadaan hamil.
“Anak juga bisa hyper aktif dan jika ibu hamil maka bisa bisa mengalami kelainan janin akibat radiasi, tapi itu jika sudah kecanduan menggunakan gadget,” katanya.

Ia menyarankan anak berusia 14 tahun baru boleh diberikan Hp. Ia menyebut jika terus menerus digunakan maka dampaknya buruknya selain pengaruh ke otak karena radiasi, ada juga gangguan pada mata.

“Termasuk interaksi sosial yang menurun. Saya melihat soal ini orang tua dan keluarga yang perlu mengambil sikap. Bukan tak boleh bermain gadget tapi ada batasnya makanya ada gerakan 18-21 atau mulai jam 6 sore hingga 9 malam itu sebaiknya absen menggunakan Hp,” saran Gunawan. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *