Partisipasi Pemilih Rendah, Tanggung Jawab Semua Pihak

Gratianus Silas/Cepos
Musa Sombuk

JAYAPURA- Menyikapi  penilaian rendahnya partisipasi pemilih dalam  pemungutan suara per 27 Juni lalu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Musa Sombuk, mengatakan bahwa rendah atau tidaknya partisipasi pemilih di Papua sebenarnya tidak dapat langsung dipastikan.

“Sebaliknya, hal ini haruslah dilihat dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. Belum lagi ditambah dengan hasil dari pada perolehan suara. Dari hasil kedua hal itulah baru dapat dipastikan angka partisipasi pemilih,” ungkap Musa Sombuk kepada wartawan, Kamis (28/6) kemarin.

Namun,  jika dikatakan   jumlah pemilih menurun, seharusnya parpol yang mengusung calon harus ikut berpartisipasi aktif dalam mengajak masyarakat pemilih untuk memberikan hak pilihnya. Artinya, tidak mungkin hal ini dilakukan sendiri oleh pasangan calon,  karena itu mesin partai pendukung pun harus aktif.

“Artinya, kalau tingkat partisipasi masyarakat pemilih rendah, tidak bisa hanya KPU yang dipersoalkan. Kesukseskan pemilihan merupakan tanggung jawab semua pihak, bukannya semata-mata hanya KPU,” tambahnya.

Diketahui bahwa perolehan suara yang diunduh di situs resmi KPU dilakukan berjenjang. Artinya, setiap ada data yang masuk, akan langsung di-update. Sementara itu, batas akhir penghitungan suara sendiri pada 5 Juli mendatang. Dimana, seluruh surat suara di daerah harus sudah diserahkan ke KPU tingkat provinsi. (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *