Nenek Moyang Tak Ajarkan Membunuh Sesama

Gamel/Cepos
Ramses Ohee

JAYAPURA – Ketua Umum Barisan Merah Putih Provinsi Papua, Ramses Ohee menyayangkan aksi penembakan dan penganiayaan yang terjadi di beberapa daerah di Papua baik menjelang maupun pasca Pilkada. Akibat dari kekerasan ini, tak hanya melahirkan korban harta tetapi juga ada yang tewas.

Terkait ini Ramses Ohee yang juga sebagai ondoafi ini menyatakan bahwa  tak pernah ada ajaran nenek moyang di Papua yang mengajarkan untuk saling membunuh antar sesama.  “Ini yang kami sayangkan, sebab kalau mau dikaitkan dengan Politik, Pilkada, sebenarnya Pilkada hanyalah alat untuk mencari pemimpin. Tapi jika sampai menghilangkan nyawa orang itu sudah menyalahi apa yang Tuhan tentukan. Mengambil hak Tuhan,” kata Ramses di kediamannya di Waena, Kamis (28/6) kemarin.

Kalaupun akhirnya tujuannya adalah politik, maka kata Ramses, tak seharusnya rakyat sipil yang dijadikan korban. Sebab,  rakyat sipil tak bersalah, apalagi anak-anak yang harus kehilangan orang tuanya.

“Saya tanya apakah setelah melakukan itu ada kepuasan? apakah merasa berjasa? atau justru menimbun rasa kebencian antar sesama?  Ingat Papua adalah tanah perjanjian jadi apa yang dilakukan, itulah yang akan berbuah satu saat nanti,” cecar Ramses.

Pihaknya lantas meminta agar pihak keamanan mengungkap para pelaku dan meminta pertanggungjawabkan perbuatanya karena tak ada dalam ajaran agama apapun untuk membunuh, dan perang juga ada aturannya, tidak asal membunuh. “Yang jelas kami mengecam tindakan yang menghilangkan nyawa orang, itu tidak betul, tidak ada budaya atau nenek moyang mengajarkan seperti itu,” tegasnya.

Ramses jug mengomentari soal moment 1 Juli yang disebut-sebut sebagai hari ulang tahun TPN/OPM dimana kata Ramses sebagai tokoh adat di Papua, ia tidak mengakui hal tersebut karena kemerdekaan bagi Indonesia dan Papua  di dalamnya. “Kata siapa hari jadi TPN/OPM, itu bohong, kami pelaku sejarah yang memahami semua,” pungkasnya. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *