Jayapura Sebagai Miniaturnya Indonesia

Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano,MM  didampingi Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru,MM, bersama istri saat melakukan jabat tangan dengan masyarakat dan Muspida Kota, dalam acara halal bi halal Pemkot Jayapura di GSG Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (26/6) lalu.

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano MM mengungkapkan, Kota Jayapura adalah miniaturnya Indonesia, dimana orang yang tinggal di Kota Jayapura, terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, bahasa yang berbeda-beda. Namun, walaupun ada perbedaaan rasa kebersamaan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama, masih tetap dijunjung tinggi dalam bingkai NKRI.

  Hal ini dikatakan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam acara halal bihalal Pemkot Jayapura, bersama Muspida Kota Jayapura, paguyuban dan elemen masyarakat, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, hari Selasa(26/6)lalu.

  “Saya pesan kepada masyarakat yang tinggal di Kota Jayapura, agar tetap menjaga toleransi antar umat beragama, kerukunan dan  kebersamaan.  Jangan mudah terprovokasi, menyebar berita Hoax, harus tetap menjaga kebersamaan dalam rasa  persatuan dan kesatuan,’’pintanya.

   Selama bulan puasa, lanjut Wali Kota,  Pemkot Jayapura telah melaksanakam safari ramadan, dengan memberikan bantuan keagamaan, sekaligus menjaring masukan dan saran dari masyarakat terkait masalah di Kota Jayapura. Usai puasa dilaksanakan halal bihalal dengan tujuan untuk lebih mempererat talisilahturahmi dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan khususnya bagi umat muslim di Kota Jayapura.

   Wali Kota Tomi Mano juga berpesan, supaya Kota Jayapura ini tetap maju, aman dan nyaman, maka dibutuhkan partisipasi maupun rasa memiliki bagi setiap warga yang tinggal di Kota Jayapura. Untuk itu, warga Kota Jayapura diminta agar terus mendukung visi dan misi Pemkot Jayapura.

  Tak hanya itu, dalam sambutannya Wali Kota, ia juga mengutip lirik lagu Deen Assalam yang sudah diterjermahkan dengan Bahasa Indonesia. Lagu yang dibawakan Nissa Sabyan “Seluruh bumi ini akan terasa sempit, Jika hidup tanpa toleransi. Namun jika hidup dengan perasaan cinta, Meski bumi sempit, kita akan bahagia, melalui perilaku mulia dan damai, sebarkanlah ucapan yang manis. Hiasilah dunia dengan sikap yang hormat dengan cinta dan senyuman, sebarkanlah diantara insan (inilah islam) agama perdamaian,”tuturnya.

  Sementara itu, dalam tausiah yang dibawakan Ustadz Burhanuddin intinya umat Islam harus hidup penuh dengan keimanan dan ketaqwaan, baik dengan sesama, pemerintah, aparat dan apa yang diciptakan Allah SWT.

  Selain itu, dalam  hidup harus ada tanggungjawab masing-masing, seperti diibaratkan jari tangan semua ada manfaatnya, dan jika dipersatukan akan bisa mempunyai manfaat yang sangat besar.

   Sekedar diketahui, dalam acara halal bihalal ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Jayapura, Kapolres Kota Jayapura, dari Kodim 1701 Jayapura, Ketua MUI Kota Jayapura, Kakemenag Kota Jayapura, pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Jayapura,paguyuban, Ormas dan seluruh elemen masyarakat di Kota Jayapura. Halal bihalal juga diwarnai dengan saling berjabatan tangan tanda saling maaf memaaafkan.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *