Hanya 8 Pemilih di RSU Abepura

JAYAPURA-Pilkada Papua yang berlangsung Rabu (27/6) tak hanya dilakukan oleh masyarakat yang sehat dan beraktifitas seperti biasa, tetapi ada juga yang dalam keadaan sakit dan berada di rumah sakit yang ikut menyalurkan suaranya.

  Para pemilih yang sedang tidak sehat ini disambangi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Yobe Distrik Abepura. Hanya sayangnya dari sekian banyak pasien yang sedang dirawat, ternyata hanya 8 orang yang menyalurkan hak pilihnya. Ini lantaran kebanyakan pasien merupakan warga yang tidak berdomisili di Jayapura.

  Ketua KPPS 013 Kelurahan Yobe, Nunu menyebut bahwa dari pemungutan suara bagi pemilih yang masuk dalam DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) di RSU Abepura ternyata sebagian besar justru berasal dari kabupaten lain, sehingga pihaknya hanya mendata dan mengakomodir pasien yang berdomisili di Jayapura.

   “Kebanyakan justru dari Timika, Nabire bahkan ada yang dari Merauke. Yang dari Jayapura hanya 8 orang, 6 perempuan dan 2 laki-laki. Untuk yang dari luar Jayapura terpaksa tidak bisa kami akomodir,” kata Nunu usai menyambangi RSU Abepura.

  Selain pasien, pihaknya juga mengakomodir tenaga medis yang ketika itu piket dan tak sempat ke TPS. “Iya untuk perawatnya juga kami akomodir,” jawabnya.

  Sebelumnya, Direktur RSU Abepura Nico Barends menyebut bahwa pihaknya belum mendapat penyampaian dari KPU jika ada pemungutan suara. Ia sendiri berharap pasien yang rawat inap juga bisa diakomodir suaranya.   

  “Dulu saya di RS Yowari Sentani selalu didatangi petugas KPPS dan saya juga berharap di Abe ada,” katanya.

    Sementara salah satu komisioner KPU Kota Jayapura, Cipto Wibowo menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta beberapa TPS terdekat untuk bisa menyambangi rumah sakit yang ada di sekitar. “Itu yang masuk dalam pemilih potensial makanya suaranya juga harus diakomodir,” katanya.

  Namun untuk pemilih disabilitas nampaknya KPU belum memberikan perhatian penuh. “Saya belum monitor, tapi kalau tidak salah ada 1 TPS yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas di Argapura,” imbuhnya. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *