Bakar Rak Telur, 10 Rumah Jadi Korban

Kebakaran yang menghanguskan sejumlah rumah milik warga RT 3 RW 2 Kelurahan Gurabesi, di pusat Kota Jayapura, Rabu (27/6) kemarin.

JAYAPURA- 10 rumah milik warga RT 3 RW 2 Kelurahan Gurabesi, Pusat Kota Jayapura, tepatnya di belakang Studio Foto Varian, rata dengan tanah usai dilahap habis si jago merah, Rabu (27/6). Peristiwa yang terjadi sekira pukul 01.30 WIT dini hari itu sempat membuat warga yang sedang terlelap ini menjadi panik.

   Diduga titik api yang berasal dari salah satu rumah warga, yang sebelumnya ada yang membakar  rak telur untuk mengusir nyamuk, namun kemudian api merambat dengan cepat ke bangunan rumah lainnya. Apalagi  hembusan angin yang cukup kencang, sehingga kobaran api tidak dapat dicegah.

   “Rumah-rumah di sini (lokasi kejadian, red) memang kebanyakan bangunan bertingkat. Kontruksi bangunannya pun hanya pondasinya saja yang dibangun dari beton, sementara bagian atasnya dibangun dengan material kayu,” ungkap Dodik, seorang warga setempat yang mengaku sudah berada di tempat kejadian sejak detik pertama terjadinya kebakaran.

  Dikatakannya bahwa petugas pemadam kebakaran bertindak dengan sigap, yang mana tidak membutuhkan waktu lama untuk tiba di lokasi terjadinya kebakaran. Hanya saja, titik api cukup sulit untuk dijangkau, karena  terdapat gang-gang kecil yang tidak dapat diakses langsung oleh mobil pemadam kebakaran. Alhasil, petugas pemadam  harus menyambung selang untuk menjangkau titik terjadinya kebakaran.

  “Dengan kondisi berangin, sehingga api merambat dengan cepat di rumah-rumah warga, jikalau saja Damkar tidak mengendalikan kobaran api dengan segera, pasti akan lebih banyak lagi bangunan, termasuk Puskesmas, yang menjadi korban keganasan api,” tambahnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *