Tak Beroperasi, Kapal Youtefa Rusak Mesin

JAYAPURA- Kapal wisata Youtefa milik Pemerintah Kota Jayapura terpaksa hanya bisa sandar di CV. Sinar Mas, Dok IX, Jayapura Utara. Hal ini disampaikan salah seorang warga sekitar, Abnel Abubar, yang sekaligus merupakan sekuriti di dermaga CV. Sinar Mas.

“Karena nahkoda kapal ini (kapal Youtefa, red) setiap hari mengecek ke sini, makanya hampir tiap hari kami bertemu. Nahkoda Kapal Youtefa, saat kami bercerita, menyampaikan bahwa kapal tersebut mengalami kerusakan satu mesin, sehingga tidak dapat beroperasi,” jelas Abubar kepada Cenderawasih Pos, Jumat (23/6) lalu.
Seperti diketahui, Kapal Youtefa memiliki design kapal berbadan dua, dengan menggunakan dua mesin pula. Oleh sebab itu, kapal tidak dapat beroperasi kalau hanya dengan menggunakan satu mesin. Sebaliknya, harus tetap menggunakan dua mesin.
“Sudah dua bulan belakangan kapal ini tidak beroperasi dan hanya berlabuh saja di sini. Selama saya berjaga di sini, ketika Februari dan Maret lalu, kapal ini masih beroperasi, sering keluar-masuk. Tapi di dua bulan belakangan sudah tidak beroperasi lagi,” tambahnya.
Kapal wisata Youtefa yang digadang-gadang mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura, serta memberikan hiburan tersendiri bagi masyarkat Kota Jayapura, nampaknya hanya bisa “terduduk” di dok CV. Sinar Mas. Belum lagi body kapal yang mulai kelihatan menguning, entah disebabkan air laut, sehingga kapal mulai berkarat.
“Sebenarnya, sekalipun kapal tidak beroperasi, harusnya rajin dibersihkan dan dirawat dengan baik. Setidaknya, badan kapalnya dapat dibersihkan dengan rutin, sehingga tidak kotor, menguning, maupun berkarat,” pungkasnya.
Di sisi lain, salah seorang warga sekitar dermaga Kapal Youtefa berlabuh, Engel Auperay, mengatakan memang di beberapa waktu lalu ia melihat kapal tersebut beroperasi. Menurut Engel, biasanya kapal ini memang terlihat keluar-masuk dermaga, yang mana kemudian beroperasi di sekitaran perairan Pantai Dok II Jayapura, setelah mengangkut penumpang di Taman Mesran.
“Tapi memang sesekali saja kapal ini beroperasi. Artinya, yang dimaksudkan, kapal ini tidak setiap hari beroperasi,” tambahnya. (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *