KPU Jayawijaya Tetapkan DPS

Rapat pleno KPU Jayawijaya saat menetapkan DPS Pileg dan Pilres Senin (18/6).

WAMENA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayawijaya melakukan pleno penetapan daftar pemilih semetara (DPS) untuk pemilihan anggota legislatif (Pileg) dan Pilpres Tahun 2019 mendatang. Jumlah DPS tersebut yakni 272.779 orang.

Komisioner KPU Jayawijaya Bidang Sosialisasi dan SDM, Markus Way mengakui, hasil pleno ini akan diserahkan kepada KPU Provinsi Papua untuk ditindaklanjuti ke KPU RI. KPU Jayawijaya telah menyampaikan data yang diperoleh pada 2018 adalah 268,416 pemilih dan untuk tambahan yang KPU punya di DPS adalah 4.363 pemilih sehingga totalnya 272.779.

“Itu yang sementara kita plenokan, besok kita tindaklanjuti ke KPU Provinsi Papua,”ungkapnya, Selasa (19/6).

Menurutnya, perubahan ini akan mempengaruhi jumlah  TPS di Jayawijaya, di mana  Tahun 2018 berjumlah 581 TPS.

“TPS yang nanti akan bertambah yaitu 1072 TPS tersebar di 40 distrik dan 332 kampung dan kelurahan di Kabupaten Jayawijaya,”jelasnya.

Penambahan ini, kata Markus, KPU Jayawijaya telah melihat dan mempertimbangkan data yang dihasilkan, sehingga untuk pelaksanaan Pileg dan Pilres nanti, jumlah DPS ini akan kembali dilihat, apakah akan bertambah atau tetap seperti itu, namun tentu pihaknya akan tetap mengacu dengan data yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Ia menambahkan, KPU Jayawijaya berharap ada penambahan kursi  dalam Pileg karena Wamena merupakan daerah transit bagi pegunungan tengah Papua sehingga untuk jumlah penduduk sudah lebih dari 300 ribu.

“ Sebenarnya data kita lebih dari itu. mungkin pemerintah daerah harus lebih serius menangani ini supaya apa yang diinginakn oleh Parpol dan masyarakat tentang penambahan kursi itu bisa terwujud,”tambahnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *