Puncak Acara  FDS Akan Dilaksanakan Saat Penutupan

STAND FDS: Sejumlah stand yang sudah dibangun dan dimanfaatkan masyarakat untuk berjualan noken dan pernak-pernik chas Papua di lokasi FDS Kalkhote Distrik Sentani Timur, Senin (18/6) kemarin.

SENTANI-Festival Danau Sentani (FDS) ke XI yang merupakan salah satu festival terbesar di Papua akan dibuka secara resmi di Kalkhote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Selasa (19/6) hari ini.

Pelaksanaan FDS ke XI tahun ini sedikit mengalami perbedaan seperti pelaksanaan FDS sebelum-sebelumnya, karena FDS kali ini ditangani langsung oleh pihak swasta atau pihak ketiga. Selain itu, ada beberapa acara tambahan seperti festival sagu, festival remaja, dan lain-lainnya akan ditampilkan di dalam pelaksanaan FDS tahun 2018 ini.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si., mengungkapkan bahwa pelaksanaan FDS keXI ini sedikit berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, karena ada beberapa tambahan kegiatan dalam pelaksanaan FDS. Selain itu, acara puncak yang sebenarnya dijadwalkan pada hari pertama, namun dipindahkan pada hari terakhir pelaksanaan FDS yaitu pada tanggal 23 Juni 2018 nanti.

“Jadi kalau FDS biasa puncak acaranya di pembukaan, tetapi untuk FDS tahun ini puncak acaranya pas di acara penutupan. Karena memang suasana kurang pas apalagi ini baru selesai Lebaran, sehingga kita coba untuk buat acara puncaknya tanggal 23 Juni nanti,” ungkapnya saat ditemui di lokasi FDS di Kalkhote Distrik Sentani Timur, Senin (18/6) kemarin.

Untuk persiapan dan kesiapan, Bupati Awoitauw menyebutkan sejauh ini sudah 90 persen lebih. Untuk pelaksanaan FDS ini akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di lokasi wisata Kalkhote dan di lapangan Theys Eluay.

Untuk lokasi di lapangan Theys Eluay akan dipusatkan untuk kegiatan dan lomba-lomba dari remaja, sedangkan di Kalkhote sendiri akan menampilkan budaya dan adat istiadat yang ada di Danau Sentani.(bet/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *