Usai Banjir Warga Temukan Ini di Selokan

Sejumlah warga membersihkan jalur air di depan Toko Citra Abepura yang mampet akibat banyaknya sampah plastik, Kamis (7/6) kemarin.

JAYAPURA – Hujan deras yang mengguyur Kota Jayapura sedari subuh pada Kamis (7/6) kemarin tak hanya menyebabkan banjir disejumlah titik tetapi ada hal-hal menarik lainnya. Salah satunya yang terjadi di depan Kantor Pos Abepura. Puluhan warga di belakang Toko Citra Abepura Abepura bahu bekerjasama mengeluarkan berbagai macam sampah plastik termasuk sendimen yang memang sudah menumpuk bertahun-tahun.
Saat hujan deras sekira pukul 07.00 WIT terlihat tiga buah plang pembatas jalan milik Polisi terseret oleh air. Plang yang biasa dipakai untuk mengatur jalur kendaraan berwarna oranye ini terbawa banjir hingga masuk ke dalam selokan. Tak hanya satu tapi tiga buah. Alhasil warga di belakang Toko Citra Abepura berbondong-bondong blusukan masuk ke dalam selokan dan menarik keluar. Saat proses ini dilakukan warga kaget karena banyak sekali sampah botol plastik termasuk botol minum keras. Tak hanya itu, warga juga menemukan tiang kayu yang biasa dipakai untuk tiang bendera partai. “Yang paling banyak memang sampah plastik tapi tadi ada juga kayu yang biasa digunakan untuk bendera partai yang ditancapkan di jalan-jalan. Ini artinya ada yang tidak dibersihkan kembali sehingga kayu hampir 3 meter ini terbawa air dan masuk ke selokan,” kata Hery seorang pemuda yang ikut di lokasi. Ia menyebut dari tersumbatnya selokan di sepanjang Merpati hingga Saga Abepura ini kompleksnya yang terkena dampak. “Tadi pagi banjir selutut orang dewasa dan karena itu kami semua keluar mengecek dan bersihkan,” tambahnya. Pembersihan selokan ini juga melibatkan petugas dan mobil pemadam kebakaran. Terlihat dua petugas masuk ke saluran air dan menyemprotkan air bertekanan. Alhasil banyak sekali sampah yang tertahan langsung mengalir. Hingga siang ini warga terlihat masih membersihkan lokasi tersebut. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *