Perbaiki Nilai UN, Pemerintah Siapkan UNP

Elias Wonda, S.Pd., MH

JAYAPURA-Bagi siswa/siswi SMA/SMK sederajat yang baru saja mengikuti Ujian Nasional (UN) baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai ujiannya melalui  Ujian Nasional Perbaikan (UNP).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda, S.Pd, MH., UNP ini hanya diperuntukkan bagi para peserta ujian yang nilainya belum memuaskan pada mata ujian tertentu.

“Memang ada UNP tahun ini dan ini bagus, sebab peserta UN yang nilainya belum memenuhi standar bisa diperbaiki, setidaknya melampaui 55,0,” ungkap Elias Wonda kepada Cenderawasih Pos, Selasa (5/6).

Kebijakan ini menurutnya bukan yang pertama kali dilakukan. Sebab tahun-tahun sebelumnya juga telah diberikan kesempatan kepada peserta UN yang ingin memperbaiki nilainya dengan mengikuti UNP.

Sebelum mengikuti UNP untuk memperbaiki nilai mata pelajaran yang belum memenuhi standar, Elias Wonda mengingatkan agar peserta betul-betul mempersiapkan diri dengan baik. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya ada peserta yang nilainya justru makin turun saat mengikuti UNP. “Untuk itu, dibutuhkan persiapan yang baik agar bisa meraih nilai yang memuaskan,” pungkasnya.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, UNP tahun 2018 akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang, dengan dua pilihan jadwal yakni pada 24-26 Juli 2018 atau 27-29 Juli 2018.

Dalam laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga disebutkan bahwa peserta UNP merupakan peserta UN yang nilai mata pelajaran UNnya belum mencapai standard kompetensi yang ditetapkan yakni 55,0. (gra/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *