Jelang Pilgub, KPU Yalimo Fokus Rekrut Anggota KPPS

WAMENA-Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Tahun 2018, KPU Yalimo fokus untuk tahapan proses pembentukan (rekrut)  anggota KPPS.

Ketua KPU Yalimo, Yanes Aletnoe mengakui, perekrutan sedang berlangsung, jumlah petugas TPS yang dibutuhkan adalah 2.114 orang anggota KPPS . Kemudian PPS 900 orang, ditambah PPD 25 orang dari lima distrik.

“Sekarang proses pembentukan anggota KPPS, kemudian kami memberikan bimbingan teknis terkait dengan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS yang dilakukan oleh KPPS,”ungkapnya, Selasa (5/6).

Menurutnya, proses untuk pungut hitung Pilkada serentak semester tiga ini agak berbeda, misalnya C6 terkait dengan undangan penyampaian kepada pemilih, misal satu TPS 500 orang, kemudian didistribusikan C6 itu 250, 250 sisanya ini tidak didistribusikan karena satu meninggal, yang kedua pindah domisili, yang ketiga karena tidak ditemukan, itu harus lapor dan 250 ini harus kembali masuk lagi dengan penyampaiannya ke PPD.

“Kedua fom C7 itu daftar hadir pemilih di TPS harus lapor lagi pada saat rekap di tingkat PPD. Terus yang ketiga adalah surat suara kembali masuk ke PPD, itu yang bedahya pada tahun ini,”jelasnya.

Terkait hal ini, kata Yanes, KPU Yalimo harus memberikan bimbingan teknis sebaik-baiknya kepada anggota KPPS kemudian fom C1 itu dengan sendirinya akan masuk berjenjang ke PPD maupun ke KPU, kemudian rekap untuk tingkat PPS itu tidak dilakukan.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 5/6(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *