Awal Juli, Dua Kapal Tiongkok Akan Ditenggelamkan

MERAUKE- KM Sino 17 dan 28 milik PT Sino Sunlinda Fishing  Indonesia  yang telah berkekuatan hukum  tetap setelah putusan Mahkamah Agung RI turun siap ditenggelamkan pada 5 Juli  mendatang. ‘’Rencananya tanggal 5 Juli, kedua kapal Sino   itu akan ditenggelamkan,’’ kata Kajari Merauke Lukas  Alexander Sinuraya, SH, MH, ditemui   Radar Merauke,  Sabtu (2/6).

Sebenarnya rencana semua oleh pihak Lantamal XI  Merauke, penenggelaman   kedua kapal  ini akan dilakukan 28 Mei lalu. Namun karena sudah   masuk bulan Ramadan sehingga  rencana   tersebut dimundurkan  sampai 5 Juli.

 Kajari menjelaskan pihaknya  tidak ingin  lama-lama kedua kapal  tersebut  baru dieksekusi. ‘’Kita ingin  secepatnya. Karena keduanya sudah berkekuatan hukum  tetap,’’   tandasnya.

 Sekadar diketahui kedua kapal yang asal Tiongkok   berbendera Indonesia   ditangkap oleh pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan RI bersama dengan 3 kapal Sino lainnya.  Dimana dari 5 kapal  Sino yang ditangkap karena melakukan illegal fishing di Laut  Arafura itu, satu diantaranya yakni   KM Sino 18  telah diledakan tahun 2016 lalu. Sementara  KM Sino 16, kendati putusannya telah turun dari Mahkamah Agung, namun belum dapat dilakukan  penenggelaman dikarena masih dilakukan  perbaikan putusan Pengadilan Tinggi.  Sebab, dalam putusan  Pengadilan Tinggi  terdapat kekeliruan menyangkut barang bukti hasil lelang.   

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 4/6 (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *