Andalkan Pertanian untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Wakapolres Tolikara, Kompol Jonly Manopo bersama Kadis Pertanian,  Ir. Palangsong Latukonsina saat menyerahkan bantuan pembinaan pada kunjungan kerja Wabup di Karubaga, Jumat, (1/6).

KARUBAGA-Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo,SH, MH menilai sektor pertanian dan perkebunan serta peternakan dan perikanan mampu memperkuat pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Karena Tolikara berpotensi  besar untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi melalui bidang pertanian. Saat ini, Pemkab Tolikara terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan memberikan bantuan pembinaan dan bibit sayur mayur bagi petani.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Dinus Wanimbo kepada petani kopi dan buah merah dalam kunjungan kerjanya di Distrik Karubaga, Jumat, (1/6).

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Tolikara, Ir.  Palangsong Latukonsina menjelaskan, pihaknya telah memiliki GemasKBM 21 diprioritaskan satu rumah tangga harus menanam 2 hektar kopi dan buah merah dengan demikian diharapkan peningkatan pendapatan petani bisa meningkat.

Pihaknya menargetkan 2 hektar harus menanam 2 ribu pohon kopi dan juga 2 ribu pohon buah merah, karena kopi ini cepat sekali berbuah di daerah pengunungan seperti di Tolikara. Jika satu pohon kopi dipanen memperoleh 3 kilo saja berarti 2 ribu pohon tadi bisa menghasilkan 6 ribu kilo atau 6 ton.

Saat ini harga kopi di pasaran Rp 40 ribu perkilo berarti 40 ribu perkilo dikalikan 6 ribu kilo itu bisa menghasilkan 240 juta, begitu juga buah merah juga sama . Namun buah merah lebih produktif dimana awalnya berbuah tunggal tetapi setelah dipanen pasti bisa bercabang 2 dan 3 bahkan bisa sampai 7 atau 8 sehingga bisa menghasilkan 2 kali lipat bahkan 4 kali lipat.

Menurut Kadis Latukonsina visi misi Bapak Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo dan Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tolikara ini bisa berjalan dengan baik,dirinya yakin kedepan dalam lima tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara Usman – Dinus bisa tercapai.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 02/6  (Diskominfo Tolikara)*       

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *