Yunus Wonda: Tidak Ada yang Namanya Bupati Adat

Yunus Wonda

JAYAPURA-Pasca pengukuhan atau ditetapkannya bupati adat versi sekelompok masyarakat di daerah pegunungan yang mengangkat Jhon Tabo dan Briur Wenda sebagai Bupati Adat akhirnya mendapat respon dari Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda SH, MH.

Ia mengatakan, dari dinamika atau fenomena politik yang muncul belakangan ini penting untuk disikapi secara bijak dan arif. Para pelaku politik juga harus ikut memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada masyarakat tentang struktur atau sistem pemerintahan yang diakui negara.

“Saya pikir ada yang harus diluruskan di sini, ada pemahaman yang perlu disampaikan ke publik soal apa yang terjadi kemarin. Peristiwa di Wamena secara tidak sadar bisa dilihat seperti tengah mengkudeta pemerintahan yang sah tapi kami bersyukur jika masyarakat mau belajar memahami mana yang benar,”kata Yunus Wonda melalui ponselnya, Selasa (29/5).

Secara aturan negara lanjut Yunus jelas ditegaskan bahwa Bupati atau Gubernur atau Walikota itu dilantik berdasar SK Mendagri sehingga tak perlu terprovokasi dengan statemen atau aktivitas yang justru merugikan diri sendiri.

Yunus menyampaikan bahwa jika ada ketidakpuasan dalam pemerintahan yang ada saat ini, maka  dipersilahkan siapa saja mengambil bagian dalam pesta demokrasi Pilkada mendatang dan bertarung secara sehat.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 31/5(ade/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *