PLTMG Terganggu, Listrik  Byar Pet 

Petugas PLN saat melakukan pembersihan pohon yang tumbang di Jaringan listrik PLN beberapa waktu lalu di Pantai Hamadi.

JAYAPURA-Beberapa hari belakangan ini, masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya dibuat gerah dengan layanan listrik PLN yang sering byar pet alias terjadi pemadaman. Padahal, masyarakat berharap agar selama Ramadan dan Lebaran ini, PLN bisa menjamin kelancaran  pasokan aliran listrik, untuk memberikan kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa.

  General Manager PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, J.A Ari Dartomo mengakui sering terjadinya pemadaman listrik beberapa hari belakangan ini. Selain gangguan jaringan listrik akibat aktifitas penebangan pohon oleh warga yang terjadi di Pantai Hamadi, Selasa (22/5), pemadaman yang terjadi tiga hari belakangan ini karena gangguan pada mesin PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) di Holtekamp.

   “Pada 26-28 Mei 2018 kembali padam total, tapi dalam waktu beberapa jam, ini disebabkan terjadinya gangguan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin gas (PLTMG) Holtekamp. PLTMG ini memiliki 6 mesin dengan kapasitas masing-masing 9 megawatt, terjadi gangguan pada sistem kontrol sehingga terjadi pemadaman secara tiba-tiba,” Kata Dartomo kepada wartawan Senin (28/5) lalu.

  Secara fisik di PLTMG ini , menurut Dartomo, memang  tidak bermasalah.  Hanya pihaknya masih menelusuri sinyal-sinyal yang keluar dari jaringan listrik. Saat ini, walau telah kembali masuk ke sistem, akan tetapi pihaknya masih khawatir adanya sistem  yang tiba-tiba down  yang nantinya mengakibatkan padam total.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 30/5  (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *