Pileg 2019, Prioritaskan OAP

Emus Gwijangge

JAYAPURA-Anggota Komisi I DPR Papua, Emus Gwijangge, berharap pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang Orang Asli Papua (OAP) dapat diberikan kesempatan lebih besar dalam persaingan menduduki jabatan politik. Hal ini ia sampaikan, mengingat pendaftaran bakal calon legislatif di tingkat provinsi dan kabupaten/kota telah dibuka sejumlah partai politik di seluruh Indonesia, termasuk pula di Papua.

   “Artinya, kita berbicara soal Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus, yang mana merupakan lex specialis bagi OAP, sehingga untuk rekrutmen apapun di Papua, termasuk pula dalam calon legislatif pada Parpol, kiranya OAP ini dapat diutamakan,” kata   Emus Gwijangge, kepada wartawan, Senin (29/5) lalu.

   Hal ini dirasanya penting, terutama bagi pengurus partai politik yang memegang peranan dalam rekrutmen kader partai untuk dicalonkan pada Pileg 2019 mendatang, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota.

   “Saya harapkan bagi rekan-rekan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Ketua Partai Politik pada umumnya di Papua, agar sekiranya dapat menghargai OAP ini di tanahnya sendiri, dalam hal ini merujuk pada caleg yang dapat mengutamakan OAP. Sebab, caleg ini berhubungan dengan jabatan politik, seperti halnya Pilbub dan Pilgub, sehingga jabatan politik di DPR kabupaten/kota maupun di povinsi itu dapat lebih banyak diisi OAP,” tambahnya.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 30/5  (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *