Pemkab Siap Tata Goa Jepang

BIAK-Pemerintah Kabupetan (Pemkab) Biak Numfor sudah mulai mempersiapkan penataan Goa Jepang (Goa Binsari) secara serius. Bahkan, salah satu program prioritas Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor tahun 2019 mendatang adalah penataan Goa Jepang dan sekitarnya, termasuk di wilayah Pintu Angin.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onny Dageubun, S.Pi, MM mengatakan, secara pasti jumlah anggaran yang akan dialokasikan untuk penataan Goa Jepang belum ada, namun pihaknya memastikan bahwa program untuk penataan wilayah tersebut tetap akan ada pada 2019 nanti.

“Ya, kalau angka anggarannya saya belum bisa bicara soal itu. Tapi khusus untuk penataan Goa Jepang dan sekitarnya termasuk di wilayah Pintu Anggin yang juga bagian tak terpisahkan dari sejarah peninggalan perang Goa Jepang itu juga akan ditata,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

Penataan Goa Jepang dan sekitarnya dinilai sangat penting sebagai bagian dari pelestarian objek wisata, khususnya wisata peninggalan Perang Dunia II di Kabupaten Biak Numfor.

Goa Jepang sendiri dinilai sebagai salah satu objek wisata yang cukup menarik atau menjadi magnet wisatawan berkunjung ke Biak, baik wisatawan local bahkan manca Negara sekalipun.

“Sektor pariwisata merupakan salah satu produk unggulan daerah sehingga melalui program pemasaran dan pemataan destinasi diharapkan mampu meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan. Untuk itu pula, maka penataan objek-objek wisata ini sangat penting termasuk objek wisata peninggalan perang dunia II,” tandasnya.

Dari data yang ada di Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor kunjungan wisatawan manca Negara yang berkunjung ke Biak tidak kurang dari 8.600. setiap tahunnya. Wisatawan itu berasl dari Jepang, Amerika, dan sejumlah Negara-negara Eropa lainnya.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *