Jelang Pilkada, Aparat Harus Diteksi Potensi Konflik

Doren Wakerkwa ( FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

Penjabat Bupati Jayawijaya Doren Wakerwa, SH

WAMENA-Penjabat Bupati Jayawijaya, Doren Wakerwa, SH menegaskan, waktu pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Bupati Jayawijaya tinggal menghitung hari saja, sehingga diharapkan aparat keamanan yang ada di Wamena mampu mendeteksi potensi konflik yang ada di Jayawijaya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Pilkada ini, banyak hal bisa dilakukan oleh kelompok orang yang tidak bertanggungjawab di Jayawijaya guna mengacaukan suasana seperti pelantikan bupati adat kemarin, ini tentu saja mengganggu stabilitas keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada di Jayawijaya.

“Saya minta aparat keamanan bisa mendeteksi potensi konflik yang coba diciptakan dengan pembentukan bupati adat karena ini sudah melanggar konstitusional,”tegasnya, Jumat (25/5) kemarin.

Dalam pelaksanaannya , kata Doren, Pemkab Jayawijaya telah melakukan pembahasan bersama dengan Forkopimda dalam setiap pertemuan, di mana pihaknya mengharapkan di Jayawijaya ini harus benar -benar menciptakan keamanan yang kondusif agar tidak ada masalah pada Pilkada nanti.

“Saya lihat akhir -akhir ini seperti ada sebuah cipta kondisi oleh oknum yang memang sengaja dibuat, saya harap aparat keamanan bisa mendeteksi masalah -masalah seperti ini dengan cepat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,”katanya.

Doren kembali menegaskan, jika dalam pelantikan bupati adat tersebut, Pemkab Jayawijaya tidak pernah mengakui hal itu, bahkan ia meminta kepada para intelektual yang ada di Pengunungan Tengah Papua dapat mengajarkan politik yang baik kepada masyarakat.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 28/5 (jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *