Bupati Akan Keluarkan Perbup Perlindungan Burung Cenderawasih

SENTANI- Mengacu pada peraturan Gubernur Papua tentang perlindungan burung Cenderawasih dan tidak diperbolehkan untuk memperjual-belikan dan menggunakan burung surga ini secara sembarangan, maka Pemkab Jayapura akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perpub), untuk ikut melindungi burung Cenderawasih di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan bahwa setelah Pemerintah Provinsi Papua mengeluarkan surat edaran mengenai perlindungan burung cenderawasih sampai saat ini belum adanya kabupaten/kota yang membuat perbub mengenai perlindungan burung cenderawasih.

Oleh karena itu, pihaknya akan berencana untuk membuat Perbup sebagai payung hukum, sehingga dapat bersinergi dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Provinsi Papua tentang perlindungan satwa burung Cenderawasih yang sampai saat ini masih diburu oleh masyarakat Papua.

  “Apa yang dikeluarkan oleh provinsi tentang perlindungan burung Cenderawasih itu untuk semua, apalagi pemprov tidak punya masyarakat karena yang punya masyarakat itu kabupaten/kota. Jadi apa yang dikeluarkan oleh provinsi berlaku di kabupaten/kota,” tambahnya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 28/5 (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *