Kapal Tenggelam di  Merauke, Tiga ABK Hilang

Tim  SAR Gabungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke dan Lantamal  XI Merauke ketika persiapan menuju lokasi tenggelamnya KMN Ikhlas Jaya 02 untuk melakukan pencarian, Rabu (23/5)

Enam ABK Berhasil Ditemukan Selamat

  MERAUKE – Untuk kesekian kalinya, musibah kecelakaan laut kembali terjadi di Merauke. Kali ini nasib naas menimpah Kapal motor nelayan (KMN)  Ikhlas Jaya 02. Kapal ini dilaporkan tenggelam setelah dihantam gelombang di Muara Safaan, Distrik Tubang-Kabupaten Merauke, Selasa (22/5) sekitar pukul 21.00 Wit. Akibat kejadian tersebut, tiga anak buah kapal (ABK) yakni, Sewang, Hernantok Setiawan dan Haris alias Beta hilang tersapuh gelombang dan hingga Rabu (23/5) sore, masih dalam  proses pencarian.

  Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi Bahara Marpaung,SH saat dikonfirmasi melalui Kasat Pol Air, AKP Sakka,SH.,MH membenarkan kejadian tersebut. Kasat Sakka menjelaskan, pada, Minggu (20/5) sekitar pukul 04.00 Wit, KMN Ikhlas Jaya 02 yang dinahkodai Muh. Arsyad alias Ical bertolak dari Kumbe menuju perairan fishing ground area (FGA) dengan tujuan mencari ikan. Dalam pelayarannya, KMN Ikhlas Jaya 02 membawa sembilan orang (termasuk nahkoda). Selasa (22/3) sekitar pukul 21.00 wit, KMN Ikhlas Jaya 02 berlabuh di seputaran Muara Safan, tiba-tiba muncul gelombang dan langsung menghantam kapal tersebut. Akibatnya kapal itu kemasukan air sehingga tenggelam pada saat masih jangkaran.

“Sembilan awak kapal itu menyalamatkan diri dengan cara naik ke atas kapal. Namun, sebelumnya nahkoda kapal sudah meminta pertolongan lewat radio SSB,” kata AKP Sakka,SH.,MH saat ditemui koran ini di ruang humas Mapolres Merauke, Rabu (23/5) kemarin.

Malangnya, saat menyelamatkan diri ke atas atap kapal, tiga awak kapal lainnya hilang tersapuh gelombang. Sedangkan enam awak lainnya berhasil diselamatkan oleh KMN Mina Maritim 135. Keenam awak kapal yang selamat itu bernama, Muh Arsyad alias Ical, Ali Usman alias Aik, Sapri, Adirman dan Syarul.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 24/5 (nik/ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *