Kadisperindag: Stok Bapok Relatif Stabil

Kadis Perindag Kabupaten Jayapura, Yos Levie Yoku

Akui Harga Beberapa Komoditi Merangkak Naik

SENTANI- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura memastikan bahwa stok Bapok selama bulan ramadandan sampai lebaran relatif mencukupi.  Kapala Dinas Perindak Kabupaten Jayapura, Yos Levie Yoku mengaku kendati stok stabil, namun ada beberapa komoditi pasar yang harganya mulai merangkak naik.

  Yoku menjelaskan seperti telur ayam ras, daging sapi segar, dan daging sapi, karena barang-barang tersebut didatangkan dari luar Kabupaten Jayapura.  “Untuk cabe besar, cabe rawit dengan cabe kriting itu lebih banyak dipengaruhi oleh pedagang-pedagang yang nakal, karena rata-rata ini produk dari Kabupaten Jayapura yang dipasarkan di pasar-pasar,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi pedagang-pedagang yang nakal menaikkan barang sewenang-wenang di pasar, supermarket yang ada di Kabupaten Jayapura, maka Dinas Perindak akan menginformasikan setiap minggu secara kontiniu kepada masyarakat, sehingga dapat mengantisipasi para pedagang yang menaikkan harga seenaknya.

“Tindakan yang kami lakukan dalam waktu dekat, yaitu semua harga-harga pasar akan kami informasikan secara terus menerus setiap minggu melalui media electronik maupun media cetak, sehingga masyarakat tahu tentang harga komiditi bahan pokok di Kabupaten Jayapura dan para pedagang juga bisa tahu dan tidak menaikkan harga bapok seenaknya,:” tuturnya.

Dia menyatakan untuk kenaikan harga bapok sendiri tidak terlalu besar, seperti misalnya saat tim turun pada tanggal 13 Mei yang lalu untuk mengecek telur ayam per-rak masih Rp 60 ribu rupiah, tetapi pada tanggal 20 Mei kemarin dicek lagi teryata mengalami kenaikan menjadi Rp 65 ribu per-rak.  “Kenaikan ini dipengaruhi, karena barang-barang seperti telur daging di datangkan dari luar Kabupaten Jayapura, sehingga mengalami kenaikan,”  ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *