Ada Baiknya Izin TKA Dipermudah

Drs. Yan Piet Rawar

JAYAPURA- Berkaitan dengan kemudahaan izin bagi tenaga kerja asing (TKA) yang hingga saat ini masih menjadi topik perbincangan hangat skala nasional, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Drs. Yan Piet Rawar, menilai bahwa kemudahan izin yang diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan Nomor 20 Tahun 2018 tersebut sebenarnya baik. Sebab, hal ini dapat dijadikan momentum untuk belajar dari negara-negara lain di dunia.

Seperti diketahui, Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Penanaman Modal sendiri yakin bahwa Peraturan Perundang-Undangan Nomor 20 Tahun 2018 tentang TKA tidak perlu dikhawatirkan. Sebaliknya, hal ini diharapkan untuk mampu mendongkrak investasi, yang mana berakibat pada penciptaan lapangan kerja baru bagi tenaga kerja.

Bukan hanya itu, melainkan Menteri Tenaga Kerja RI, Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si., bahkan menyebutkan bahwa pembangunan Indonesia masih bergantung pada investasi, sehingga lapangan pekerjaan baru harus diciptakan melalui program perbaikan iklim investasi.

“Artinya, persoalan kita di Indonesia, termasuk pula di Papua, tidak lain adalah tenaga kerja kita yang banyak, namun kualitasnya masih belum mampu menyesuaikan dengan teknologi yang akan digunakan. Di sisi lain, kalau kita memaksakan diri untuk bekerja sendiri, maka otomatis kita akan tertinggal karena dari sisi produktivitas tenaga kerja, kita ini masih berada di urutan yang sangat rendah,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Drs. Yan Piet Rawar, kepada Cenderawasih Pos, Selasa (23/5) lalu.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 24/5 (gra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *