Kawasan Bandara- Flavouw Dijadikan Kawasan Zona Integritas Kerukunan

SENTANI- Adanya rumah-rumah ibadah seperti gereja Prostestan, gereja Katolik, masjid yang berada di sepanjang jalan raya dari Bandara Sentani sampai Flavouw Sentani, maka kawasan ini dijadikan sebagai kawasan zona integritas kerukunan antar umat beragama yang tercermin dari simbol-simbol rumah ibadah yang berada di sepanjang jalan tersebut.

Pemkab Jayapura juga akan melihat tempat sekitar kawasan ini, untuk membangun tempat ibadah bagi umat Hindu maupun Buddha, sehingga cerminan sebagai kawasan zona integritas dapat tercermin dari simbol-simbol dengan adanya rumah-rumah ibadah yang berada di kawasan tersebut.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan bahwa kawasan Bandara sampai di Flavouw, pihaknya sudah sepakat untuk menjadikan sebagai kawasan zona integritas kerukunan yang tercermin dari rumah-rumah ibadah yang berada di sekitar kawasan ini.

Tidak hanya itu, kawasan ini juga merupakan pintu masuk bagi semua orang dari luar Papua maupun dalam Papua, sehingga sangat tepat sekali bila dijadikan zona integritas kerukunan, sehingga setiap orang yang datang ke Jayapura melalui Bandara Sentani bisa langsung melihat kerukunan yang ada di Jayapura melalui simbol-simbol rumah ibadah yang berada di sekitar kawasan ini.

“Kawasan ini sudah kami sampaikan ke Menteri Agama bahwa ada Masjid, gereja Katolik, gereja Protestan, kemudian juga ada tempat ibadah dari Hindu dan Buddha, itu akan menjadi kawasan zona integritas,” ungkapnya saat memberikan sambutan disela-sela peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Sang Penebus Sentani, Minggu (20/5) kemarin.

Menurut Mathius, semua harus seimbang untuk mendapatkan hak yang sama, baik dari fisik maupun perhatian-perhatian dari pemerintah daerah. Apalagi Sentani merupakan pintu masuk orang dari mana saja, karena itu wajah sentani ditampilkan meskipun hanya sekedar simbol, tetapi simbol ini menyatakan komitmen yang telah dinyatakan pemerintah daerah bersama masyarakat sebagai zona integritas kerukunan di kabupaten ini. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *