Setahun Difungsikan, Lapas Merauke Langsung Rusak

Tampak gedung Lapas Kelas IIB Merauke yang baru. Gedung ini dikerjakan pada 2015 dan difungsikan sejak 2017. Namun, pemanfaatnya tidak maksimal sebab ada beberapa bangunan yang kondisinya sudah rusak.

MERAUKE- Kondisi bangun baru Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB yang dibangun pada 2015 lalu dan baru difungsikan 2017, sangat memprihatinkan. Pasalnya, dari pantauan koran ini, tembok bangun tersebut sudah mulai retak di beberapa titik. Selain itu juga, lantai dan plafonnya pun sudah rusak.

Akibatnya, gedung tersebut tidak digunakan secara maksimal. Padahal anggaran yang dikeluarkan untuk membangun fasilitas itu cukup besar.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Merauke, Suroto mengatakan, bangunan dua lantai itu dibangun dengan biaya sekitar Rp 3 miliar.

“Total anggaran yang digunakan pada waktu itu menurut informasi sekitar Rp 3 miliar,” kata Suroto ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (19/5).

Dijelaskan, bangunan itu mulai dikerjakan pada 2015 lalu, dan baru mulai difungsikan sejak 2017. Semula bangunan itu didirikan untuk mengatasi masalah over kapasitas di dalam lapas. Namun, nyatanya setelah gedung baru itu selesai dikerjakan, justru tidak dapat digunakan secara maksimal.

selengkapnya baca di Harian cenderawasih Pos edisi 21/5 roy/nik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *