Kemenangan Terbesar

Selebrasi para punggawa Persipura saat mencetak gol ke gawang Madura United di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (19/5) malam.

Bungkam Madura United Setengah Lusin

JAYAPURA – Tim Persipura Jayapura meraih kemenangan besar saat menjamu tamunya Madura United (MU) dalam partai super big match Gojek Liga 1 bersama Bukalapak pada pekan kesembilan yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (19/5) malam. Persipura tak tanggung-tangung membenamkan tamunya dengan skor 6-0 tanpa balas. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan nama Persipura sebagai satu-satunya tim di Liga 1 yang meraih kemenangan terbesar di hingga pekan ke sembilan.

Enam gol tersebut masing-masing dicetak oleh Boaz Solossa menit 8′, 37′, Ian Kabes 30′, Marcel Sacramento 58′, Tood Ferre 73′, dan Imanuel Wanggai pada menit 86′.

Persipura yang tampil didepan puluhan ribu pendukungnnya langsung berinisiatif mengambil alih serangan sejak peluit kick off dibunyikan oleh wasit Dwi Wicaksana. Laga baru berjalan delapan menit, Persipura sudah membuat publik Stadion Mandala bergemuruh lewat tendangan indah kaki kiri Boaz Solossa. Memanfaatkan umpan dari Gunansar Mandowen, Boaz melepaskan plessing ke sudut pojok gawang Madura United, yang tidak dapat dijangkau kiper Hery Prasetyo.

  Tertinggal 1-0, tim tamu tidak tinggal diam. Madura United memiliki percobaan pertama melalui ZahRahan Karangar pada menit 19, namun sontekannya masih melebar di sisi kanan gawang Dede Sulaiman.

  Berbalik menyerang, Boaz Solossa nyaris saja menggandakan golnya pada menit 24 andaikan sepakannya tidak ditepis oleh Hery Prasetyo dan hanya menghasilkn sepakan pojok bagi Persipura.

  Memasuki menit ke 27, Stadion Mandala kembali bergemuruh setelah tuan rumah memperlebar keunggulannya menjadi 2-0 atas Madura United. Melalui skema serangan balik, bola hasil sepakan Marcel Sacramento yang memantul mistar gawang kemudian bola berada tepat di depan Ian Kabes, dengan tenang pemain nomor punggung  13 melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kota pinalti yang tidak bisa ditepis kiper Madura United.

  Selang tujuh menit kemudian gol ketiga Persipura tercipta lagi-lagi lewat kaki Boaz setelah menerima umpan matang dari Marcel Sakramento, tepatnya pada menit 38. Kapten Persipura itu melakukan tembakan dari luar kotak penalti ke arah kiri gawang Madura United dan membawa Persipura unggul 3-0.

  Penghujung babak pertama, striker Madura United Zah Rahan hampir saja membobol mantan klubnya Persipura, beruntung sepakan kerasnya tepat berada di depan kiper Dede Sulaiman. hingga turun jeda, Persipura tetap unggul dengan skor 3-0.

  Memasuki babak kedua, pelatih Madura United Milomir Seslija menerapkan permainan menyerang dengan memasukan striker Engelberd Sani menggantikan gelandang Alberto Antonio De Paula, dan juga menarik Munhar dengan memasukan Ok Jhon pada lini belakang.

  Terbukti, Madura United mulai membangun serangan, namun solidnya lini belakang dari Persipura yang dikawal oleh Ricardo Salampessy dan M. Tahir membuat beberapa serangan dari anak-anak Laskar Sapeh Kerab selalu kandas dikaki benteng pertahanan Persipura. Peran Kevien Rumakiek dilini belakang juga menjalankan tugasnya dengan baik.

  Marcel Sacramento menambah penderitaan mantan klubnya itu, memberikan perannya ingin berpesta atas kemenangan Mutiara Hitam malam itu. Pemain yang dibuang Madura United di awal musim 2018 ini mampu mencetak gol pada menit ke-58, menerima bola umpan pendek dari Ricardo Salampessy didalam kotak pinalti, dengan tenang dirinya berhasil mengoyak jaring Hery Prasetyo.

  Merasa aman dengan skor 4-0, Butler menarik M. Sacramento pada menit 70 dengan measukan Ronaldo Wanma, dan Boaz Solossa digantikan oleh Todd Ferre menit 71 untuk menjaga kedua pemainnya kerena Persipura telah ditunggu laga big match kontra tuan rumah Persija Jakarta Sabtu depan, sekaligus memberikan waktu bermain bagi para pemain mudanya.

 

selengkapnya baca di Harian cenderawasih Pos edisi 21/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *