Kakek Cabul, Layak Dikebiri

Maria Duwitau

JAYAPURA- Terkait kakek pelaku pencabulan 5 bocah,  yang salah satu diantaranya adalah la anak kandungnya sendiri, direspon serius Wakil Ketua Komisi V DPR Papua yang juga membidangi pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak, Maria Duwitau. Ia  menyebut bahwa pelaku tidak berprikemanusiaan tersebut haruslah mendapat tindakan hukum yang setimpal dengan perbuatannya.

   Duwitau mendukung  hukuman yang diberikan terhadap pelaku, yang mana sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Seperti diketahui, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014, Pasal 81, ayat 1 dan 4, dan Pasal 76d tentang perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, yang mana kakek cabul ini terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

   Bukan hanya itu, berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan Peraturan Pemerintah penggantu UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23  Tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi undang-undang yang mengatur tentang pemberian tindakan kebiri kimia, pemasangan alat pendeteksi elektronik, dan rehabilitasi terhadap pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 12/5  (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *