Terjadi Penurunan Pendaftar SBMPTN

DAFTAR ULANG: Puluhan calon mahasiswa/i Uncen yang lolos dalam SNMPTN melakukan daftar ulang di Auditorium Uncen yang hanya diberi waktu satu hari, Selasa (8/5) kemarin. Tahun ini Uncen memberi kuota minimal 30 persen untuk jalur SNMPTN.

*Kemarin, Daftar Ulang SNMPTN

JAYAPURA – Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 yang dilakukan Selasa (8/5) kemarin di Universitas Cenderawasih ternyata sedikit mengalami penurunan pendaftar. Jika tahun 2017 lalu tercatat 4000 lebih peserta, maka di tahun 2018 disebutkan jumlahnya hanya 3000 lebih. Meski belum ada angka pasti namun Uncen memastikan terjadi penurunan.

Pembantu Rektor I Uncen, Dr. Onesimus Sahuleka, SH., M.Hum., menyampaikan bahwa penurunan ini bisa disebabkan karena waktu pendaftaran yang bersamaan dengan pendaftaran calon anggota Polri maupun praja IPDN. “Bisa jadi karena ini (pendaftran IPDN dan anggota Polri, red). Sebab tidak mungkin mencari waktu luang untuk mendaftar keduanya sekaligus,” kata Onesimus saat ditemui di Auditorium Uncen Abepura, Selasa (8/5).

Dalam SBMPTN kemarin dijelaskan  ada dua proses ujian yang dilakukan. Pertama  Seleksi Tertulis Berbasis Komputer atau STBK dan kedua ujian tertulis berbasis cetak. STBK ini diikuti 220 peserta sedangkan berbasis cetak diikuti 3.493 peserta yang terdiri dari Jayapura sebanyak 2.368, Kabupaten Jayawijaya, 237 peserta, Biak Numfor 221 peserta, Mimika 334 peserta, Nabire 203 peserta dan Kepulauan Yapen 130 peserta sehingga total peserta ujian untuk berbasis cetak sebanyak 3.493 peserta sedangkan berbasis komputer sebanyak 220 peserta.  “Itu total untuk Panlok 94 Jayapura yang terdiri dari lima kabupaten,” katanya.

selengkapnya baca di harian Cenderawasih Pos edisi  09/5 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *