Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Bebas Formalin

UJI SAMPEL:Petugas pengawas Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jayapura saat melakukan pengujian terhadap beberapa sampel ikan di Hamadi, Rabu (11/4).

JAYAPURA-Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jayapura memastikan bahwa ikan hasil tangkapan nelayan di wilayah Jayapura aman atau bebas dari penggunaan formalin.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jayapura Suardi mengaku sudah melakukan uji formalin terhadap sampel ikan yang dijual di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Hamadi, Pasar Youtefa dan Pasar Tanjung Ria, Dok IX, Distrik Jayapura Utara, Rabu (11/4).

“Sejauh ini Jayapura dalam uji formalin terhadap ikan tidak terdeteksi formalin. Ini menggambarkan bahwa nelayan kita di Jayapura  sadar bahwa formalin itu berbahaya,” ungkap Suardi kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan, dalam uji formalin terhadap 51 sampel ikan yang diambil secara acak di PPI Hamadi, tidak ditemukan kandungan formalin. Selain melakukan uji kandungan formalin, pihaknya juga akan membawa sampel ikan ini ke laboratorium untuk dilakukan uji pencemaran mikrobiologi dan ini membutuhkan waktu.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 12/4 (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *